Peralatan Jaringan Komputer

Peralatan jaringan komputer merupakan semua peralatan yang dapat digunakan untuk membantu dalam pembuatan jaringan komputer. Peralatan ini dapat anda temukan dengan mudah di toko-toko komputer dengan harga yang cukup murah. Berikut ini adalah peralatan – peralatan yang harus atau dapat anda siapkan jika hendak membuat jaringan komputer.

Ethernet card/LAN Card/kartu jaringan 

Merupakan kartu jaringan yang terpasang pada komputer atau PC yang berfungsi untuk  dapat berkomunikasi dengan komputer lain melalui jaringan LAN. Setiap kartu jaringan memiliki MAC Address (medium acces control) yang unik. Unik di sini artinya tidak ada satupun komputer di dunia ini yang memiliki kartu jaringan dengan mac address yang sama atau dengan kata lain satu komputer mempunyai no alamat tersendiri. berdasarkan kecepatan transmisi kartu jaringan dapat dibedakan menjadi beberapa bagian;

  1. 10BASE-T : kecepatan transmisi 10 MBPS
  2. 100BASE-T :kecepatan transmisi 100 MBPS
  3. 1000BASE-T :kecepatan transmisi 1000 MBPS atau 1 GBPS

Hub

Merupakan perangkat jaringan yang bekerja pada OSI layer 1 (Phisycal Layer). Fungsinya menerima sinyal dari suatu komputer kemudian mentransmisikannya ke komputer yang lain. Hub tidak mengenal MAC Address, sehingga tidak dapat memilah data mana yang harus ditransmisikan. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya collition atau tabrakan data pada suatu jaringan. Hub ada yang bersifat aktif dan ada juga yang pasif. Hub memiliki beberapak port tempat meletakan atau memasang kabel dengan konektor RJ 45.

Switch

Hampir sama dengan Hub. Bekerja pada OSI layer 2 (Data Link Layer). Bedanya dengan hub switch sudah mengenal mac address sehingga sudah bisa mengatasi terjadinya collition atau tabarakan data. Sudah memiliki jalur trasnmisi full duplex dimana memiliki dua jalur terpisah antara transmiter dan receiver.

Router

Bekerja pada OSI layer 3 (network layer). berfungsi untuk penghubung atau penerus paket data antara dua segmen jaringan yang berbeda atau lebih.

Repeater

Sesuai dengan arti katanya pengulang, repeater berfungsi untuk menerima dan menguatkan kembali sinyal yang diterima untuk kembali dipancarkan ke tempat yang lebih jauh. Dengan repeater kita dapat menghubungkan perangkat pada jarak yang berjauhan.

Bridge

Sesuai dengan arti katanya yaitu jembatan,  bridge berfungsi untuk menghubungkan atau menjembatani  dua buah jaringan. Bridge dapat menghubungkan dua jaringan yang memiliki media komunikasi dan topologi jaringan yang berbeda

Modem

Merupakan singkatan dari modulator dan demodulator. Peralatan ini berfungsi untuk mengubah sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya. Modem ini digunakan jika kita ingin menghubungkan komputer kita ke jaringan internet. Berdasarkan letaknya modem ini dapat kita bedakan menjadi dua jenis yaitu:

  1. Modem internal : terpasang di dalam PC atau komputer kita
  2. Modem eksternal : terpasang di luar komputer atau laptop

Kabel

Merupakan perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan antara perangkat yang satu dengan yang lainnya. Ada tiga jenis kabel yang sering digunakan dalam jaringan komputer yaitu:

  1. Coaxial
  2. UTP
  3. Fiber Optik

Konektor

Merupakan perangkat jaringan yang digunakan untuk penghubung kabel. konektor ini terpasang pada ujung – ujung kabel. Konektor bisa berupa BNC, RJ 45 atau ST

Crimping Tools

Merupakan peralatan jaringan yang dapat digunakan untuk memasang konektor RJ 45 pada kabel UTP

Cable Tester

Merupakan alat yang dapat digunakan untuk mengukur sambungan kabel. Dengan menggunakan alat ini kita dapat mengetahui apakah kabel jaringan yang kita gunakan tersambung dengan baik atau tidak.

Untuk dapat mengetahui sambungan kabel baik atau tidak, kita harus memahami pengkabelan atau pola hubungan pemasangan kabel pada konektor, sebab jenis pemasangan kabel ini akan mempengaruhi urutan hidup lampu indikator pada cable tester.

Print Friendly, PDF & Email
Hari

Written by 

admin "Ilmu Itu Tak Ada Yang Tak Bermanfaat"

Leave a Reply

Your email address will not be published.