Pengertian, Jenis, Tipe dan Topologi Jaringan Komputer

Jaringan komputer merupakan sekumpulan komputer yang saling terhubung satu sama lain sehingga dapat digunakan untuk saling berbagi data, informasi, penggunaan hardware dan lain – lain untuk memudahkan manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya. Jaringan komputer ini berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi yang diakibatkan tingginya kebutuhan manusia terhadap alat pengolah data dan informasi. Hampir setiap perusahaan, kantor, sekolah, organisasi yang ada di dunia ini memiliki banyak komputer yang digunakan oleh banyak orang yang bekerja dalam kelompok mereka. Untuk memudahkan mereka dalam bekerja sama, maka semua komputer tersebut harus dihubungkan satu sama lainnya.

Keuntungan menggunakan jaringan komputer:

  1. Membagi sumber daya yang ada supaya dapat digunakan dengan cara bersama – sama. Dengan jaringan komputer ini kalau anda menggunakan komputer dan ingin mengakses data yang ada pada komputer lain dalam jaringan, maka anda dapat mengambilnya seolah – olah data tersebut ada di dalam komputer anda sendiri (Asyikkan?)
  2. Reliabilitas tinggi. Dengan menggunakan jaringan komputer kita akan memiliki sumber daya alternatif. Misalnya d engan jaringan komputer data yang kita olah atau pakai dapat disimpan atau dicopy ke beberapa komputer yang terhubung dalam jaringan sehingga apabila salah satu komputer rusak kita masih punya komputer lain untuk mengambil data.(Amankan?)
  3. Hardware sharing (berbagi perangkat). Jaringan komputer memungkinkan penggunanya untuk berbagi penggunaan hardware secara bersama – sama. Coba anda bayangkan kalau dalam sebuah kantor atau warnet yang terdiri dari 10 komputer tidak terhubung dalam jaringan, berapa banyak printer harus disiapkan untuk tiap komputer tersebut. Dengan jaringan komputer kita bisa menggunakan satu printer secara bersama – sama tanpa harus memindahkan kabel atau printer tersebut. Begitu juga dengan penggunaan scanner, CD / DVD ROM dan perangkat komputer lainnya. (Hematkan?)
  4. Keamanan (security) data terjamin. Dengan jaringan komputer memungkinkan administrator untuk dapat mengontrol data – data penting agar dapat diakses oleh pengguna yang berhak saja sehingga keamanan data lebih terjamin.
  5. Menghemat biaya. Anda bisa bayangkan kalau 10 komputer pada contoh 3 di atas harus dilengkapi 10 printer, berapa biaya yang harus dikeluarkan.

Jenis Jaringan

Jika dilihat dari cakupan wilayah sebuah jaringan komputer, maka kita dapat mengkategorikan jaringan tersebut menjadi tiga yaitu WAN, MAN, dan LAN. WAN merupakan singkatan dari wide area network yaitu suatu jaringan komputer yang menghubungkan beberapa jaringan lokal (LAN) yang dipisahkan oleh lokasi yang sangat berjauhan. WAN ini bisa kita contohkan seperti jaringan yang menghubungkan antara kantor pusat (Jakarta atau yang lainnya) dengan kantor – kantor cabang yang ada di daerah – daerah seluruh Indonesia. MAN merupakan singkatan dari metropolitan area network. Sebetulnya MAN sama saja dengan WAN hanya saja yang membedakan mereka adalah cakupan wilayahnya. Cakupan wilayah MAN ini lebih kecil jika dibandingkan dengan WAN tetapi lebih besar jika dibandingkan LAN (Misalnaya satu kota atau daerah). LAN merupakan singkatan dari local area network yang merupakan jaringan dari beberapa komputer yang mempunyai cakupan wilayah yang kecil (Misalnya satu ruangan atau gedung).

Tipe Jaringan

Ada dua tipe jaringan yang dapat digunakan untuk mengatur sebuah jaringan komputer yaitu Jairingan client server dan jaringan peer to peer. Jaringan client server menghubungkan komputer server dengan beberapa komputer client (workstation) sedangkan pada jaringan peer to peer semua komputer yang terhubung kadang kadang bisa berfungsi sebagai server dan client. berikut ini merupakan kelebihan dan kelemahan dari jaringan client server dan peer to peer:

Client Server

Kelebihan:

  1. Terdapat seorang administrator jaringan yang bertugasa mengelola system keamanan dan administrasi jaringan, sehingga keamanan  dan administrasi jaringan lebih terkontrol.
  2. komputer server dapat difungsikan sebagai pusat data, komputer client dapat mengakses data yang ada dari komputer client manapun. Jika ada komputer client yang rusak, pengguna masih bisa mengakses data dari komputer client lain.
  3. pengaksesan data lebih tinggi karena penyediaan dan pengelolaan fasilitaas jaringan dilakukan oleh komputer server. Komputer server tidak terbebani oleh tugas lain sebagai workstation.
  4. System backup data lebih baik, karen dapat dilakukan terpusat di komputer server. Jadi seandainya komputer client mengalami kerusakan masih tersedia backup data pada server.

Kekurangan:

  1. membutuhkan biaya mahal (relatif) karena membutuhkan sebuah komputer server yang berkemampuan tinggi
  2. kelancaran jaringan sangat bergantung pada komputer server sehingga jika server terganngu maka sistem secara keseluruhan terganggu

Peer to Peer

Kelebihan:

  1. Semua komputer yang terhubung ke jaringan memiliki hak yang sama
  2. Biaya lebih murah (relatif) karena tidak membutuhkan sebuah komputer server yang berkemampuan tinggi
  3. kelancaran jaringan tidak tergantung kepada komputer server

Kekurangan:

  1. Sistem keamanan jaringan ditentukan oleh masing – masing komputer yang terhubung kejaringan
  2. data tersebar pada masing – masing komputer (backup data harus dilakukan masing – masing komputer)
  3. trouble shooting jaringan lebih rumit

Topologi Jaringan

Selain Jenis dan Type Jaringan (jenis dan tipe jaringan) dalam jaringan komputer kita juga mengenal istilah topologi jaringan. Topologi merupakan gambaran pola hubungan antara komponen-komponen jaringan seperti server, client/workstation, hub/switch, pengkabelannya dan lain – lain. berikut ini adalah topologi jaringan yang sudah dikenal dalam dunia jaringan komputer.


  1. Topologi Bus : Menghubungkan beberapa komputer ke sebuah kabel utama dengan beberapa terminal. Topologi ini menggunakan jenis kabel coaxial dengan jenis konektor BNC.
  2. Topologi Ring : Menghubungkan beberapak komputer dengan membentuk sebuah lingkaran. setiap komputer dalam jaringan akan terkoneksi dengan dua komputer lainnya. pada bentuk ini tabrakan data (collition) sulit untuk dihindarkan
  3. Topologi Token Ring : penyempurnaan dari topologi ring. pada topologi ini tabrakan ketika pengiriman data (collition) dapat diatasi
  4. Topologi Star : merupakan topologi yang menghubungkan beberapa komputer dengan menggunakan perangkat hub atau switch.  Hub atau switch ini berfungsi untuk mengontrol semua komputer yang terhubung ke jaringan.
Print Friendly, PDF & Email
Hari

Written by 

admin "Ilmu Itu Tak Ada Yang Tak Bermanfaat"

One Reply to “Pengertian, Jenis, Tipe dan Topologi Jaringan Komputer”

Leave a Reply

Your email address will not be published.