Pengertian Basis Data

Pangkalan data atau basis data (database) adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS). Sistem basis data dipelajari dalam ilmu informasi.

Sesungguhnya database ini sudah merupakan bagian dari kehidupan kita sehari-hari meskipun sering tidak disadari. Sebagai contoh di perguruan tinggi, database digunakan untuk menyimpan data para mahasiswa, dosen, jadwal kuliah, nilai masing-masing mahasiswa, dan lain-lain.

Database merupakan sekumpulan data yang saling berhubungan, didesain untuk menyediakan informasi pada sebuah organisasi. Sedangkan DBMS (The Database Management System) merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mendefinisikan, membuat, mengatur, dan menyediakan akses pada database. Microsoft Access merupakan contoh software RDBMS (Relation DBMS).

Secara sederhana dapat digambarkan bahwa sebuah data base terdiri dari satu atau beberapa tabel yang dapat berhubungan satu sama lainnya (relasi) ataupun berdiri sendiri dimana tabel -tabel tersebut akan digunakan untuk menyimpan data. Tabel terdiri dari field dan record dimana diantara field yang ada tersebut akan ada field yang diangkat sebagai kunci (field).

 

Istilah Database

  1. Basisdata, kumpulan data yang saling berhubungan satu dengan lainnya.
  2. Data, kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dari kesatuan yang nyata. Data tersimpan secara terintegrasi dan dipakai secara bersama-sama
  3. DBMS, sistem perangkat lunak bertujuan khusus untuk mengelola penyimpanan dan memanipulasi informasi. Atau Program untuk pengelolaan basis data.
  4. File adalah Sekumpulan record dari tipe tunggal yang berisi elemen-elemen data yang menggambarkan himpunan entitas.
  5. Record adalah rangkaian field yang berisi elemen-elemen data yang menggambarkan beberapa entitas.
  6. Field adalah suatu elemen yang memiliki atribut (panjang, tipe data, dll) dan harga dan merupakan unit informasi terkecil yang bisa diakses.

 

File Maintenance (Perawatan File)

  • File adalah tempat penyimpanan informasi
  • Agar file mutakhir/uptodate, file harus dimuthakirkan/update
  • Update atau pemutakhiran data terdiri dari :

– Insert : menambahkan data (record) baru

– Delete : Menghapus data (record)

– Modify : Mengubah data (field)

Key (Kunci)

Elemen record yang dipakai untuk menemukan record pada waktu akses.

 Primary Key

  • Field yang mengidentifikasikan sebuah record dalam file
  • Bersifat Unix artinya datanya tidak ada yang sama dengan yang lainnya. Seperti pada contoh di bawah ini, field NIM merupakan field yang datanya tidak akan pernah sama satu sama lain, sedangkan NAMA, ALAMAT sangat memungkinkan ada kesamaan pada data datanya sehingga field NIM layak untuk dijadikan primary key.

 

NIM NAMA ALAMAT
151024001  Vivin Koto Panjang No. 32
151024002 Herman Pulau Tengah No. 51
151024003 Zikri Beringin No. 13

 

Secondary Key

  • Field yang mengidentifikasikan sebuah record dalam file
  • Tidak bersifat unix

 

Candidate Key : Field-field yang dapat dipilih (dipakai) menjadi primary key

Alternate Key: Candidate key yang tidak terpilih menjadi Primary key

Composite Key: key yang dibentuk dari beberapa Field

Foreign Key : yang bukan key, tapi key pada tabel yang lain (kunci tamu)

 

Untuk membuat data base dapat kita gunakan beberapa aplikasi seperti Microsoft Acces, MySql, Oracle dan lain-lain. Pada contoh – contoh dan pembahasan berikutnya (visual 1) kita akan menggunakan Microsoft Acces dan MySql (jika memungkinkan) untuk membuat databasenya.

Print Friendly, PDF & Email
Hari

Written by 

admin "Ilmu Itu Tak Ada Yang Tak Bermanfaat"

Leave a Reply

Your email address will not be published.