Menggunakan Text Box pada VB

Kontrol TextBox digunakan untuk menerima masukan dari pengguna. Pengguna dapat memasukan data berupa angka, huruf, dan karakter-karakter khusus. Pada umumnya kontrol tersebut diletakkan di sebelah kontrol label yang berguna untuk memberikan keterangan. Setelah kontrol TextBox tersebut diletakkan pada form, umumnya properti text pada kontrol tersebut dihapus. Selain properti text, juga terdapat properti multiline yang digunakan agar Textbox dapat menerima masukan karakter yang panjang.  Sebagaimana label, kontrol TextBox juga mendukung properti alignment.

Jika sebuah kontrol TextBox menerima masukan yang terbatas panjangnya, maka properti maxlength dapat diberi nilai yang menunjukkan panjang maksimum yang diperbolehkan.

Jika kontrol TextBox menerima masukan berupa password, maka properti passwordChar dapat diisi dengan dengan karakter tertentu, biasanya karakter asterik(*) atau yang lainnya.

Langkah – langkah menggunakan text box adalah sebagai berikut :

  1. Lakukan double click (atau klik drag pada form)pada objek text box
  2. Atur letaknya pada form
  3. Lakukan pengaturan property seperti name, text, maxlength dan lain-lain sesuai kebutuhan

Sebagai latihan silahkan buat form seperti gambar di bawah ini, kemudian lakukan pengaturan pada text box seperti name, kosongkan text, atur panjang karakter (maxlength), ukuran huruf (font), panjang dan lebar text box.

KODE PROGRAM

Private Sub Text2_Change()

Text3.Text = Val(Textpjg.Text * Text2.Text)

End Sub

Print Friendly, PDF & Email
Hari

Written by 

admin "Ilmu Itu Tak Ada Yang Tak Bermanfaat"

Leave a Reply

Your email address will not be published.