Menggunakan Menu Editor Pada VB

Menu adalah serangkaian pilihan yang dapat dipilih (di-klik atau di-enter) dengan tujuan untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Umumnya suatu menu ditempatkan pada bagian atas dari program aplikasi. Tetapi pada aplikasi tertentu (misalnya aplikasi pada website), pembuatan menu sudah mengacu pada pemakaian gambar-gambar yang menarik. Umumnya gambar-gambar tersebut dibuat oleh software lain seperti photoshop, corel atau bahkan software animasi seperti flash.

Menu utama (menu bar) dalam suatu proyek merupakan lokomotif utama dalam suatu program karena keberadaan menu bertujuan untuk mengintegrasikan program-program yang digunakan. Dengan demikian pemakai program tidak kesulitan dalam mengunakan program yang sedang dijalankan. Menu bar terletak di bawah title bar adalah tempat keberadaan menu, yang menampilkan Menu Title.

Jika suatu menu diklik (misalnya menu file), sebuah daftar yang berisi perintah-perintah (menu  item) terbuka ke arah bawah. Menu item terdiri dari perintah-perintah (seperti New,  Open sampai dengan exit), separator bar, dan sub menu title. Sedang masing-masing item mempunyai tugast tersendiri sesuai dengan kode program yang dipasangkan pada menu tersebut.  Beberapa item menu menghasilkan proses secara langsung, misalnya menu exit akan langsung menutup suatu program.

Pembuatan menu pada Visual Basic dapat dilakukan dengan bantuan Menu Editor yang terdapat pada Menu Tools-Menu Editor. Pada dasarnya setiap item menu memiliki Caption dan sebuah Nama. Anda dapat membentuk Kunci Akses dengan menggunakan tanda & (ampersand) pada Caption dari menu tersebut. Untuk membuat menu anda cukup mengetikan Caption dan Name, selanjutnya klik pada Next, dan ketikkan menu yang berikutnya, sampai selesai. Selanjutnya adalah menbuat Sub Menu dengan melakukan klik pada panah kanan dan sebaliknya.

Beberapa cara mengaktifkan Menu Editor :

1) Pilih Menu Tools > Menu Editor

2) Atau Ctrl+E

3) Atau pilih icon Menu Editor pada Toolbar

Maka akan muncul menu editor visual basic seperti terlihat Pada gambar berikut

Properti yang umum digunakan sbb :

Properti Keterangan
Caption Teks yang ditampilkan pada pilihan menu
Name Name internal yang menjadi identitas objek menu
Index Nomor indeks (subskrip) apabila anda membuat array kontrol menu
Shortcut Kombinasi tombol yang ditugaskan untuk menu
HelpContextID Kode yang sesuai dengan keterangan pada file help (jika kita membuat jendela help)
NegotiatePosition Posisi awal dari menu
Checked Menentukan apakah menu memiliki tanda cek di depannya. Menu yang menggunakan check biasanya merupakan pilihan Ya/Tidak untuk menetukan apakah menu tersebut telah dipilih atau tidak.
Enabled Untuk menentukan apakah menu dapat dipilih atau tidak, jika pilihan ini dimatikan maka menu akan berwarna abu-abu dan tidak bisa dipilih
Visible Menentukan apakah menu ditampilkan pada saat dijalankan
WindowsList Menetukan apakah item menu diterapkan pula pada aplikasi yang bersifat MDI (multi document interface), atau aplikasi yang bisa membuka beberapa dokumen sekaligus.

 

Memberikan Perintah pada Menu :

Sama halnya dengan apa yang dilakukan pada objek-objek yang lain. Bahwa menu juga punya Event, diantaranya event Click (), biasanya perintah akan berada pada procedure menu yang sedang diklik. Contoh,  jika didalam menu terdapat menu Exit, maka procedur untuk keluar dari aplikasi tersebut sbb:

Private Sub NamaMenuExit_namaEvent()

End

End Sub

 

Pop Up Menu

Dengan cara mendefinisikan nama kelompok menu pop up beserta sub menunya, dan menonaktifkan option visible dari kelompok menu tersebut

Kemudian lakukan koding pada event MouseDown pada MDI Form

Private Sub MDIForm_MouseDown(Button As Integer, Shift As Integer, X As Single, Y As Single)

If Button And vbRightButton Then

PopupMenu mnuAtur

End If

End Sub

Print Friendly, PDF & Email
Hari

Written by 

admin "Ilmu Itu Tak Ada Yang Tak Bermanfaat"

Leave a Reply

Your email address will not be published.