Menggunakan kontrol label pada vb

Kontrol label digunakan untuk menampilkan teks pada aplikasi yang kita buat atau memberikan keterangan untuk kontrol- kontrol lain seperti TextBox, ListBox, dan ComboBox. Biasanya properti caption pada kontrol label tersebut diisi dengan kalimat yang sesuai dan dilengkapi karakter “&” untuk memberikan hot key. Selain properti caption, properti lain yang sering digunakan adalah BorderStyle (digunakan untuk menampilkan kontrol label secara 3 Dimensi) dan  Alignment (Jika align dari caption tampil pada pinggir kiri, kanan, atau tengah).

Jika caption sebuah label terlalu panjang, maka properti WordWarp dapat diberi nilai true sehingga label tersebut memiliki lebih dari satu baris. Atau juga dapat mengubah nilai properti AutoSize menjadi true agar kontrol secara otomatis mengubah ukurannya sesuai dengan panjang caption.

MENGGUNAKAN LABEL

  1. Klik label pada toolbox(ditandai dengan huruf A yang dilingkar merah gambar di bawah ini)
  2. Drag pada jendela form (atau bisa juga dengan melakukan double click pada toolbox)
  3. Atur letak label sesuai keinginan
  4. Lakukan pengaturan property pada setiap label seperti caption, font, name, autosize dan lain-lain.

Sebagai latihan silahkan rancang  label seperti gambar berikut. Gunakan property untuk melakukan pengaturan caption, jenis tulisan (font), warna tulisan dan autosize dalam posisi true. Untuk meratakan posisi label dapat dilakukan dengan cara manual atau gunakan perintah perataan (align) yang ada pada menu format.

KODE PROGRAM

Private Sub Command1_Click()

END

End Sub

Print Friendly, PDF & Email
Hari

Written by 

admin "Ilmu Itu Tak Ada Yang Tak Bermanfaat"

Leave a Reply

Your email address will not be published.