Mengenal Aplikasi Perkantoran OpenOffice

Aplikasi Perkantoran (Office)

Aplikasi perkantoran yang dimaksudkan dalam artikel ini adalah aplikasi yang mendukung penyelesaian tugas – tugas perkantoran. Aplikasi ini terdiri dari paket pengolahan kata, pengolahan angka, pengolahan presentasi. Selama ini paket aplikasi perkantoran yang berkembang di masyarakat kita adalah paket aplikasi yang dibuat oleh microsoft dengan nama microsoft office. Pada microsoft office ini terdiri dari beberapa aplikasi yang sangat menunjang pekerjaan perkantoran seperti microsoft office word yang digunakan untuk mengolah kata, microsoft office excel yang digunakan untuk mengolah angka yang disajikan dalam bentuk tabel, microsoft power point untuk membuat presentasi dan microsoft office acces yang digunakan sebagai database.

Aplikasi microsoft office ini bukanlah aplikasi gratis. Artinya aplikasi ini merupakan paket aplikasi berbayar dengan harga relatif cukup mahal. Aplikasi ini terdiri dari beberapa versi pengembangan dimana versi terakhir ketika buku ini ditulis adalah microsoft office 2013. Tentunya setiap versi yang dikeluarkan akan memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan versi – versi sebelumnya.

Berhubung aplikasi microsoft office ini harganya sangat mahal, maka banyak di antara  masyarakat kita yang mengambil jalan pintas. Maksudnya adalah agar tetap dapat menggunakan aplikasi perkantoran tersebut masyarakat kita rela membajak (minta tolong kepada pembajak) sehingga dengan harga 50 ribu saja kita sudah dapat menikmatinya. Padahal kalau kita lihat harga aslinya, mungkin lebih mahal dari harga laptop atau komputer yang dimiliki oleh pengguna.

Kalau ditanya kenapa harus melakukan hal seperti itu? Tentu masing – masing mempunyai alasan tertentu. Yang jelas alasan utamanya mungkin karena tidak cukup uang untuk membeli aplikasi aslinya. Terus bagaimana cara mengatasinya? Apakah harus menyiapkan uang yang sebanyak itu? Padahal beli laptop saja sudah melakukan usaha yang begitu keras? Jawaban sederhananya adalah jika kita tetap mau pakai yang asli ya harus menyiapkan dolar atau rupiah yang cukup banyak. Tetapi yang harus diingat dan difikirkan juga adalah aplikasi alternatif lain yang kemampuannya sama tapi tidak berbayar. Pertanyaan yang muncul berikutnya adalah “apa ada aplikasi yang sama dan gratis? Jawaban sederhananya ya jelas ada yaitu aplikasi openoffice.

OpenOffice

Openoffice merupakan aplikasi perkantoran yang sifatnya terbuka sehingga bisa dikembangkan dan digunakan oleh siapa saja. Aplikasi ini tersedia secara gratis dan dapat didownload melalui situs – situs yang menyediakannya. Karena sifatnya terbuka, aplikasi ini berkembang dan banyak sekali macamnya. Diantara aplikasi openoffice yang ada sekarang ini adalah Kingsoft office, WPS office, apache openoffice, libre office dan lain sebagainya.

Seperti yang sudah dijelaskan di awal tadi bahwa aplikasi open office merupakan aplikasi perkantoran yang fungsinya sama dengan apa yang dilakukan oleh microsoft office. Bahkan dari beberapa hal tampilan dan cara kerjanya juga sama. Perbedaan yang paling jelas bagi kita adalah microsoft office berbayar sedangkan openoffice gratis. Perbedaan berikutnya adalah masalah penamaan aplikasi seperti word di microsoft sama dengan writer di openoffice. Excel di microsoft sama dengan spreadsheet di openoffice dan power point di microsoft sama dengan presentation di openoffice.

Bagi kita sebetulnya nama tidak jadi masalah yang penting fungsinya sama – sama dapat digunakan untuk memudahkan pekerjaan kita. Jadi bagi pembaca yang sudah dari kecil terbiasa menggunakan produk microsoft tetapi tidak pernah (ingin) untuk menggunakan yang aslinya, Penulis fikir lebih baik menggunakan aplikasi openoffice ini. Penulis sendiri sebetulnya punya aplikasi microsoft baik sistem operasi maupun officenya yang asli tapi Penulis lebih suka menggunakan aplikasi openoffice ini dalam bekerja. Bahkan di laptop Penulis hampir semua aplikasi openoffice ini terinstal sehingga bisa digunakan kapan saja jika Penulis mau.

Terus bagaimana kalau saya pindah ke openoffice? apakah data – data saya yang selama ini dibuat di microsoft office akan terbuang? Jawaban singkatnya tentu saja tidak. Aplikasi openoffice tidak menghilangkan file – file yang sudah dibuat di microsoft tetapi file – file tersebut bisa dibuka juga di openoffice. Hebat bukan? Jadi sahabat sekalian tidak usah takut menggunakan aplikasi ini. Bagaimana cara mendapatkannya? Cara mendapatkannya gampang saja dan gak usah terlalu dipikirkan. Berikut ini cara yang dapat sahabat lakukan untuk mendapatkan aplikasi openoffice ini:

  1. Lakukan pencarian di Om Google dengan mengetikan openoffice atau langsung menggunakan salah satu jenis aplikasi openoffice yang saya tuliskan sebelumnya. Oh ya! Buku ini saya tulis menggunakan aplikasi kingsoft office dan saya sangat senang menggunakannya. Selain aplikasinya ringan, tentu juga karena tampilannya menarik dan mirip sekali dengan microsoft office.
  2. Minta sama sahabat atau kawan yang sudah menggunakannya. Modalnya cukup gunakan flash disk dan minjampun gak apa – apa juga. Aplikasi ini rata – rata di bawah 100 MB.
  3. Jika sahabat menggunakan atau mengistal sistem operasi opensource seperti linux atau ubuntu dengan segala jenisnya, maka aplikasi openoffice ini sudah otomatis terinstal di dalammnya.

Keuntungan Menggunakan OpenOffice

Bicara untung rugi memang selalu difikirkan manusia. Sampai terhadap aplikasi yang tidak berbayarpun sering juga manusia itu bicara untung rugi. Tapi tak apalah yang penting sahabat pembaca semuanya mau mencoba dan merasakan bagaimana enaknya menggunakan aplikasi gratis ini. Berikut ini beberapa keuntungan jika kita menggunakan aplikasi openoffice:

  1. Bisa menghemat biaya. Kok bisa? Ya iyalah aplikasi ini kan tidak perlu dibeli jadi kita tidak perlu mengeluarkan uang
  2. Aplikasinya ringan. Aplikasi ini rata – rata di bawah 100 MB. Kingsoft office yang saya gunakan untuk mengetik tulisan ini hanya 60 MB jadi sangat ringan dan juga mudah untuk dibagikan
  3. Tak perlu takut kena tilang. Lah memang ini sepeda motor? Itulah kawan! Razia itu tidak hanya urusan sepeda motor. Dalam hal penggunaan aplikasi juga ada razianya. Kalau kita menggunakan aplikasi produk microsoft (bukan menakuti ya!!) dan aplikasi itu tidak asli alias bajakan dan kebetulan sedang ada razia aplikasi, maka siap – siap saja untuk diambil dengan laptop – laptonya. Beda kalau kita menggunakan aplikasi openoffice semuanya dijamin aman.
  4. Tersedia update secara gratis. Enak juga ya! Ya memang enak kawan. Kalau kita beli office yang asli ketika keluar versi terbarunya maka kita belum tentu (tidak) bisa melakukan update secara gratis. Untuk bisa menikmati yang terbaru ya harus mengeluarkan dolar kembali.
  5. Tersedia template gratis yang dapat di download ketika kita sedang terhubung ke internet
  6. Tak perlu pusing memikirkan CD KEY  karena memang tidak memakai itu.
  7. Tampilannya bagus dan dalam beberapa hal fasilitasnya lebih lengkap jika dibandingkan dengan microsoft office (terutama kalau kita menggunakan WPS office).
  8. Untuk kingsoft office dapat juga kita instalkan di smartphone android secara gratis melalui google playstore.
  9. Multiple tab. Pada kingsoft office dan lain lain terdapat multiple tab sehingga memudahkan kita dalam mengatur dokumen yang sedang kita buka (mirip borowser Mozila Chrome dan lain – lain).
  10. Mudah melakukan konversi ke file pdf
  11. Kompatibel dengan format microsoft office
  12. Dan lain sebagainya. Yang jelas ketika sahabat sudah menggunakannya seminggu atau sebulan akan dapat merasakan betapa enaknya menggunakan aplikasi gratis ini.

Link Download

Sebelum kita lanjut ke bab selanjutnya, di sini saya tuliskan beberapa alamat atau link yang dapat digunakan untuk mendapatkan aplikasi ini.

  1. http://kingsoftstore.com
  2. http://openoffice.org
  3. http://apache.org
  4. http://libreoffice.org
  5. https://kde.org
  6. Dan lain – lain
Print Friendly, PDF & Email
Hari

Written by 

admin "Ilmu Itu Tak Ada Yang Tak Bermanfaat"

Leave a Reply

Your email address will not be published.