Mengenal Aplikasi OpenOffice Writer

Kingsoft office writer merupakan aplikasi perkantoran yang digunakan untuk mengolah kata. Dengan aplikasi ini memungkinkan kita untuk membuat berbagai macam pekerjaan seperti surat menyurat, membuat buku, grafik, gambar dan  lain sebagainya. Sebelum kita memulai bekerja dengan aplikasi ini ada baiknya bagi kita untuk mengenal terlebih dahulu tampilan aplikasi ini.

A Mengenal Tampilan Kingsoft Office Writer & Ms Word 2007

            Pada bagian ini akan dijelaskan bentuk tampilan dari aplikasi kingsoft office writer beserta bagian-bagiannya secara umum. Selain itu pembaca dapat juga membandingkannya dengan tampilan yang ada pada microsoft word 2007. Gambar berikut ini merupakan tampilan dari kingsoft office writer. Secara umum dapat kita lihat bahwa tampilan kingsoft office writer tidak terlalu jauh berbeda jika kita bandingkan dengan tampilan microsoft word. Cobalah bandingkan dengan tampilan microsoft office word 2007 berikut ini.

                       Office Writer
                    MS Office Word

Dari gambar dapat kita lihat bahwa kingsoft office writer memiliki beberapa menu yang benar-benar hampir sama dengan microsoft word 2007.  Kalau kita perhatikan ada beberapa perbedaan antara kingsoft writer dengan microsoft word 2007. Beberapa perbedaannya adalah:

  1. Pada kingsoft office writer terdapat tab untuk menambah dokumen baru atau dokumen pada file yang lain. Jadi ketika kita membuka dokumen writer yang lain dokumen tersebut akan muncul pada tab yang baru seperti yang ada pada mozila firefox. Ini akn sangat berbeda kita rasakan jika dibandingkan dengan microsoft office word.
  2. Pada sisi sebelah kanan terdapat jendela yang dapat disembunyikan sehingga ketika kita tidak membutuhkan jendela tersebut dapat ditutup. Untuk lebih jelasnya dapat Anda lihat video berikut ini.

B. Mengenal Operasi Dasar Kingsoft Office Writer & Ms Word 2007

Pada bagian ini akan dijelaskan tentang cara membuat dokumen baru, cara menyimpan dan menutup dokumen yang dibuat serta cara membuka file atau dokumen yang sudah ada.

B.1. Membuat Dokumen Baru

Secara umum cara membuat dokumen baru pada kingsoft office writer sama saja dengan cara membuat dokumen baru di microsoft word. Cara yang paling gampang adalah melalui icon yang ada di desktop. Dengan melakukan klik dua kali (double click) pada icon tersebut akan membawa kita pada tampilan berikut ini.

Online Template
Dalam Keadaan Offline

Tampilan di atas merupakan halaman template online yang ada pada kinsoft office writer. Jika komputer kita dalam keadaan online atau terhubung ke jaringan internet, maka halaman ini akan dipenuhi dengan template yang cantik dan dapat didownload secara gratis seperti terlihat pada gambar sebelah kiri. Tapi jika komputer kita dalam keadaan offline maka tampilannya akan terlihat seperti gambar di sebelah kanan.

Untuk membuka halaman dokumen baru kita dapat mengklik new blank document yang ada pada pojok kanan atas halaman. Selain itu kita juga dapat melakukannya dengan cara mengklik tanda + yang ada pada bagian tab atau bisa juga dengan menekan tombol Ctrl + N yang ada pada keyboard. Setelah itu akan muncul halaman dokumen baru tempat kita untuk memulai melakukan pekerjaan. Jika kita bandingkan dengan microsoft word, maka kita akan  melihat perbedaan di sini. Pada microsoft word ketika kita membuka aplikasi word untuk membuat dokumen baru maka kita langsung dibawa ke halaman kerja word.

B.2. Menyimpan dan Menutup Dokumen

Dalam hal menyimpan dan menutup dokumen tidak ada perbedaan dengan microsoft office word. Jika kita sudah bisa menyimpan dan menutup dokumen pada microsoft word, maka pasti kita juga dapat melakukannya ketika kita bekerja di kingsoft office writer.

Untuk melakukan penyimpanan kita dapat lakukan beberapa cara yaitu:

  1. Dengan menekan tombol Ctrl + S di keyboard kemudian beri nama file dan pilih lokasi tempat penyimpanan file
  2. Dengan mengklik gambar atau icon save (bergambar disket) kemudian beri nama file dan tentukan lokasi tempat penyimpanan file
  3. Dengan mengklik menu writer kemudian pilih save
  4. Atau bisa juga dilakukan dengan mengklik tombol close (X), sehingga muncul pertanyaan apakah kita ingin menyimpan pekerjaan. Cara ini jika kita sama sekali belum pernah melakukan penyimpanan.

Untuk menutup dokumen bisa juga dilakukan langkah d di atas. Atau bisa menggunakan pilihan file kemudian pilih exit. Selain itu juga dapat menggunakan kontrol Alt + F4 di keyboard.

B.3. Membuka Dokumen Yang Telah Dibuat

Untuk membuka dokumen yang sudah dibuat dapat dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut.

  1. Melalui windows explorer. Cara ini adalah yang paling umum digunakan pemakai komputer. Caranya adalah buka windows explorer, kemudian cari file writer yang akan dibuka –> lakukan double klik pada file tersebut (atau bisa juga dengan klik kanan open)
  2. Membuka melalui lembar kerja aplikasi kingsoft office writer. Caranya adalah buka aplikasi kingsoft writer –> klik ikon open atau bisa juga dengan cara klik writer button kemudian pilih open, maka dokumen akan terbuka.
Print Friendly, PDF & Email
Hari

Written by 

admin "Ilmu Itu Tak Ada Yang Tak Bermanfaat"

Leave a Reply

Your email address will not be published.