Mengatur Format Teks dan Susunan Karakter atau Changecase

Satu hal yang perlu kita perhatikan diawal adalah pengaturan format teks dan paragraf. Walaupun pekerjaan ini bisa saja dikerjakan di akhir pekerjaan, tapi mungkin akan lebih baik jika hal itu kita tentukan di awal.

Mengatur format teks

Mengatur format huruf (font) baik itu jenis huruf maupun ukuran hurufnya akan lebih mudah jika kita kerjakan di awal pekerjaan. Adapun langkah – langkah mengatur format huruf dapat diikuti seperti berikut.

  1. Klik menu home
  2. Pada grup font atur jenis dan ukuran huruf yang diinginkan

mengubah_format_teks_font

Jika sebelumnya sudah ada teks yang akan diatur jenis dan ukurannya, maka sebelum langkah 1 di atas kita harus melakukan seleksi terhadap teks yang mau diubah tersebut setelah itu baru klik menu home. Pada microsoft word, pengaturan format teks dan ukuran huruf juga dapat dilakukan dengan cara yang sama seperti di atas.

Mengatur susunan karakter (huruf besar kecil)

Huruf besar dan kecil atau kapital dan non kapital sangat penting dalam penulisan sebuah artikel apalagi kalau dikaitkan dengan aturan bahasa yang berlaku di negara kita. Jika kita terlanjur membuat artikel dengan satu jenis ukuran tertentu misalnya huruf capital semua atau huruf kecil semua, tidak perlu dihapus atau buat ulang jika ukuran tersebut tidak sesuai dengan yang dibutuhkan. Pada aplikasi kingsoft office writer dan microsoft word sudah disediakan fasilitas untuk mengubah susunan karakter ini agar sesuai dengan kebutuhan kita. Untuk melakukan ubah susunan karakter dapat kita lakukan dengan dua cara yaitu melalui fasilitas change case yang ada pada sub menu home dan melalui kombinasi tombol yang ada di keyboard.

Pada fasilitas change case terdapat beberapa pilihan ukuran atau susunan karakter sebagai berikut.

  1. Sentence case : untuk membuat susuan karakter hanya awal kalimat saja yang huruf kapital (besar) sedangkan huruf yang lainnya menjadi huruf kecil
  2. Lower case : untuk membuat semua jenis huruf yang kita blok menjadi huruf kecil semua.
  3. Upper case : untuk membuat semua huruf menjadi huruf capital (besar)
  4. Capitalize each word : untuk membuat huruf setiap awal kata menjadi huruf kapital (besar)
  5. Toggle : membuat susunan huruf menjadi kebalikan susunan semula.

Untuk mengubah susunan karakter melalui sub menu change case dapat diikuti langkah berikut ini.

  1. Blok teks yang ingin diatur susunan karakternya.
  2. Klik tombol change case seperti terlihat pada gambar 1
  3. Klik change case sehingga muncul gambar berikut 2
  4. Pilih jenis change case sesuai keinginan kemudian pilih ok, maka teks yang diblok pada lembar kerja kita akan berubah ukurannya sesuai dengan jenis change case yang kita pilih. Sebagai perbandingan dapat dilihat juga pengaturan change case yang ada di microsoft word 2007 berikut ini.

Selain cara di atas kita dapat juga melakukannya dengan cara menggunakan kombinasi tombol shift dan f3 yang ada di keyboar. Jika keyboar kita mengharuskan tombol f3 menggunakan fn, maka kombinasinya menjadi shift + fn + f3. Hanya saja pada penggunaan dengan kombinasi tombol ini untuk mengubah ke jenis lower case, upper case dan capitalize each word.

Print Friendly, PDF & Email
Hari

Written by 

admin "Ilmu Itu Tak Ada Yang Tak Bermanfaat"

Leave a Reply

Your email address will not be published.