Mengatur Format Paragraf, Spasi Antar Baris, Indentasi dan Tabulasi

Pada bagian ini akan dijelaskan cara mengatur perataan paragraf, mengatur spasi antar baris, spasi antar paragraf, mengatur indentasi dan tabulasi.

Mengatur perataan paragraf

Sebagaimana di microsoft word, pada writer juga terdapat beberapa pengaturan rata paragraf yang dapat kita gunakan untuk mengatur dokumen yang kita buat seperti rata kiri, rata kanan, rata kiri kanan dan rata tengah. Untuk mengatur perataan paragraf dapat dilakukan langkah singkat berikut ini.

  1. Blok atau seleksi teks yang ingin diatur perataan paragrafnya. Jika yang ingin diratakan hanya satu kalimat atau satu paragraf, cukup letakkan kursor pada kalimat tersebut (tak perlu diseleksi)
  2. Setelah itu lakukan klik pada menu home
  3. Pilih salah satu dari empat jenis peratan paragraf yang kita inginkan yaitu rata kiri, rata kanan, rata tengah dan rata kiri kanan.

Pada Microsoft Word pengaturan perataan paragraf juga dilakukan dengan cara yang sama seperti di atas.

Mengatur Spasi Antar Baris

Spasi atau jarak antar baris teks yang ada dalam dokumen writer dapat diatur dengan mudah dengan sub menu line space. Spasi yang biasa digunakan untuk antar baris adalah  1, 1,5, 2, 2,5, 3. Jika kita ingin ukuran yang lain kita dapat juga mengaturnya sendiri pada pilihan “more”.  Dengan memilih “more” kita bisa tentukan sendiri ukuran yang diinginkan. Untuk mengatur spasi antar baris dapat dilakukan langkah – langkah berikut

  1. Blok teks yang ingin diatur spasi antar barisnya
  2. Klik menu home
  3. Pilih line space
  4. Pilih ukuran spasi yang diinginkan (pilih more jika ingin atur ukuran sendiri)

Pada Microsoft Word untuk mengatur jarak spasi antar baris dengan cepat dapat juga digunakan kombinasi tombol Ctrl dan angka 1 dan 2 pada keyboard. Hanya saja cara ini terbatas untuk ukuran spasi satu atau dua. Untuk ukuran spasi yang lain dapat dilakukan dengan cara yang sama seperti di atas.

Mengatur Indentasi

Untuk mengatur indentasi dari teks dapat dilakukan langkah – langkah berikut ini

  1. Blok teks yang ingin diatur indentasinya
  2. Pilih menu home
  3. Klik dua pilihan indentasi yang tersedia yaitu pengaturan indentasi ke arah dalam halaman (ke kanan) dan ke arah luar halaman (ke kiri)

Mengatur Tabulasi

Tabulasi atau tab dapat kita atur jaraknya sesuai kebutuhan. Jika kita tidak melakukan pengaturan tab, maka tab tersebut berada dalam keadaan difault. Panjang tab difault adalah 2 cm (untuk MS Word 1,27 cm). Pengaturan ukuran tab diperlukan untuk kebutuhan tertentu. Sebagai contoh adalah dalam pembuatan daftar isi dan surat menyurat. Langkah – langkah mengatur tabulasi adalah sebagai berikut.

  1. Lakukan klik kiri ganda pada bagian ruler sesuai dengan jarak yang diinginkan sehingga muncul gambar berikut
  2. Pilih ukuran yang diinginkan (biasanya tergantung pada jarak ketika kita mengklik kiri ganda pada ruler).
  3. Atur aligment sesuai dengan keiinginan (bisa kiri, tengah atau kanan)
  4. Pilih ok

Hasilnya adalah ketika kita menekan tombol tab yang ada di keyboard maka kursor bergerak sesuai dengan jarak yang kita tentukan tadi. Jika kita pada langkah 3 memilih center maka ketika kita menuliskan teks, maka titik tab tersebut akan menjadi tengah atau center dari teks yang dibuat. Jika kita memilih right maka teks tersebut akan bergerak ke arah kiri dari tab yang sudah ditentukan. Sebagai perbandingan dapat dilihat pengaturan tab pada microsoft office berikut ini.

Sebagai latihan silahkan anda coba membuat teks berikut ini.

Print Friendly, PDF & Email
Hari

Written by 

admin "Ilmu Itu Tak Ada Yang Tak Bermanfaat"

Leave a Reply

Your email address will not be published.