Membuat Tulisan Tanda Air (Watermark) dan Tulisan Kolom

Pada sesi kali ini saya akan berbagi tentang cara membuat tulisan tanda air atau watermark pada aplikasi perkantoran kingsoft office writer dan Tulisan berbentuk kolom. Tulisan tanda air banyak kita jumpai pada dokumen-dokumen yang sifatnya penting seperti duplikat ijazah, surat penting dan pada buku-buku elektronik (e-book) yang menandai penulisnya. Sedangkan tulisan kolom banyak kita jumpai pada koran-koran dan majalah.

Watermark atau Tulisan Tanda Air

Tulisan air atau watermark adalah suatu tulisan yang terdapat pada latar belakang dokumen yang kita buat. Tulisan ini bisa digunakan jika anda ingin menuliskan nama anda pada latar belakang dokumen atau tulisan apapun yang ingin anda jadikan penanda bagi dokumen anda. Pada contoh kali ini saya akan mencontohkan bagaimana membuat watermark pada sebuah dokumen dengan teks “Duplikat”. adapun langkah – langkahnya sebagai berikut.

  1. Siapkan dokumen yang akan dibuatkan watermarknya, kemudian lakukan klik kiri pada menu insert

  2. Pilih atau klik sub menu watermark sehingga muncul beberapa bentuk penulisan watermark

  3. Pilih salah satu bentuk penulisan watermark yang ada atau klik  insert watermark untuk dapat melakukan pengaturan yang lebih lengkap. Jika kita pilih insert watermark, maka akan muncul kotak dialog watermark berikut.

  4. Jika kita ingin menjadikan gambar sebagai watermark ceklis picture watermark. Pada contoh ini kita akan membuat teks sebagai watermark jadi yang harus diceklis adalah text watermark.

  5. Tuliskan teks yang diinginkan jika tidak ada pada pilihan yang sudah disediakan. Pada contoh kali ini kita ketik teks “Duplikat”, warna “abu-abu, layoutnya diagonal dan diterapkan untuk seluruh dokumen “apply to whole document”.

  6. Klik ok. Hasilnya seperti gambar berikut ini.

Membuat Tulisan Kolom

Ketika membuat dokumen seperti layout Koran, bulletin, maupun majalah, pengetikannya bergerak dari satu kolom ke kolom berikutnya sehingga menghasilkan teks yang tersusun secara vertikal. Supaya lebih mudah mengatur kolom, sebaiknya dokumen diketik dahulu seluruhnya baru dibuat kolom. Jika dibuat dari awal, mungkin agak sulit mengaturnya karena tidak bisa melihat kondisi kolomnya secara langsung. Setelah semua dokumen diketik,anda bisa membuatnya menjadi kolom dengan cara sebagai berikut.

  1. Siapkan dokumen yang akan dibuatkan kolomnya.
  2. Lakukan seleksi pada dokumen atau teks yang akan dibuat kolom tersebut
  3. Kemudian klik atau pilih menu page layout
  4. Klik submenu columns sehingga muncul beberapa jenis column seperti dua, tiga column
  5. Pilih jenis columns yang diinginkan, maka teks atau dokumen kita akan berubah menjadi beberapa atau berbentuk kolom.
Print Friendly, PDF & Email
Hari

Written by 

admin "Ilmu Itu Tak Ada Yang Tak Bermanfaat"

One Reply to “Membuat Tulisan Tanda Air (Watermark) dan Tulisan Kolom”

Leave a Reply

Your email address will not be published.