Membuat Program Login Pada VB

Kalau diibaratkan sebuah kantor atau rumah, login merupakan sebuah pintu yang harus dilewati dulu oleh setiap orang yang ingin masuk ke dalamnya. Hanya orang – orang yang memiliki kuncilah yang bisa masuk sedangkan yang lainnya tidak diperkenankan. Demikian pula halnya dengan sistem aplikasi yang dibangun, kita dapat membatasi akses seseorang untuk masuk ke dalamnya, sehingga aplikasi yang kita bangun lebih terjamin keamanannya. Dalam sistem aplikasi, pintu masuk ke dalam sistem ini dinamakan dengan login.

Ada beberapa versi login yang dapat diterapkan dalam sebuah aplikasi. Tentunya versi login ini tergantung pada model aplikasi yang dikembangkan dan kreativitas programernya. Pada pertemuan kali ini akan dijelaskan langkah – langkah membuat program login dengan menggunakan tabel sebagai tempat penyimpanan data username dan passwordnya.

Pertama: Silahkan buat sebuah database, misalkan dalam hal ini kita namakan databasenya dengan “dbklinik” dan buat sebuah tabel dengan nama “login” kemudian simpan di sebuah folder misalkan namanya “Aplikasi Klinik” pada drive “D”

Kedua : Buka aplikasi visual basic kemudian simpan form dengan memberi nama “login” di folder “Aplikasi Klinik” pada drive “D” yang dibuat sebelumnya. Dilanjutkan dengan penyimpanan project pada folder yang sama  dan beri nama projeknya “Proyek klinik”.

Ketiga : Rancang form login seperti gambar berikut.

Keempat : Tambahkan satu form lagi dalam proyek klinik dan beri nama dengan “m_utama” (form ini nantinya akan kita jadikan halaman utama atau menu utama dimana nantinya halaman ini adalah halaman yang akan muncul ketika kita sukses melakukan login)

Kelima : Tutup halaman menu utama atau form menu utama dan biarkan form login tetap terbuka. Untuk selanjutnya silahkan buka jendela kode pada form login dan ketikan kode program berikut ini.

Perintah pada tombol login

Private Sub Command1_Click()
If Tuser.Text <> “” And Tpas.Text <> “” Then
Set rslogin = New ADODB.Recordset
rslogin.LockType = adLockOptimistic
rslogin.CursorType = adOpenDynamic
rslogin.Open “select * from login where user_name = ‘” & Tuser.Text & “‘ and password = ‘” & Tpas.Text & “‘”, conn, , , adCmdText

If Not rslogin.EOF Then
MsgBox (“Login Anda Berhasil”)
Form1.Show
login.Visible = False

Else
MsgBox “User Name dan Password Salah Silahkan Ulangi Kembali”, vbCritical
Exit Sub
End If
End If
End Sub

Perintah pada tombol cancel

Private Sub Command2_Click()
End
End Sub

Perintah pemanggilan prosedur koneksi saat form login dimuat (dijalankan)

Private Sub Form_Load()
koneksi

End Sub

Keenam : Buat prosedur “koneksi” ke database melalui modul dengan cara klik menu porject kemudian pilih Add Module kemudian lakukan double click pada module (di project explorer) sehingga terbuka jendela kode untuk module. Setelah jendela kode module terbuka silahkan ketikan kode kode berikut.

Global conn As ADODB.Connection
Global rspasien As ADODB.Recordset
Global rsobat As ADODB.Recordset
Global rsterapi As ADODB.Recordset

 

Sub koneksi()
Set conn = New ADODB.Connection
conn.Provider = “microsoft.jet.oledb.4.0”
conn.CursorLocation = adUseClient
conn.Open App.Path & “\dbklinik.mdb”
End Sub

Setelah selesai silahkan anda simpan dulu projeksnya, kemudian jalankan program. Isikan username dan password sesuai dengan data username dan password yang ada di tabel login Anda. Jika data username dan password belum ada di tabel login, silahkan isikan terlebih dahulu. Setelah itu diisikan data username dan password, klik tombol login. Jika sukses maka akan muncul menu menu utama. Selamat mencoba.

Print Friendly, PDF & Email
Hari

Written by 

admin "Ilmu Itu Tak Ada Yang Tak Bermanfaat"

Leave a Reply

Your email address will not be published.