Membuat Header, Footer, footnote dan Endnote

Header merupakan kepala halaman dan footer merupakan kaki halaman. Pada header dan footer kita bisa menuliskan teks sesuai keperluan kita seperti membuat judul artikel, nama penulis, tanggal penulisan, kelas atau kelompok penulis dan lain – lain. Untuk membuat header dan footer dapat dilakukan langkah – langkah berikut ini.

  1. Buka dokumen yang ingin diberi header atau footer kemudian lakukan klik menu insert akan muncul tampilan seperti gambar berikut.

     Gambar 1
    Gambar 1
  2. Klik sub menu header and footer akan muncul tampilan berikut.

     Gambar 2
    Gambar 2
  3. Tuliskan teks yang diinginkan pada bagian header dan footer
  4. Kemudian lakukan klik dua kali (double click) pada tengah-tengah halaman kerja (sebarang tempat) untuk mengakhirinya.

Sebagai perbandingan silahkan lihat cara membuat header and footer pada microsoft office word. Pada microsoft word pilihan atau model header dan footer lebih banyak sehingga kita bisa memilih sesuai keinginan kita. Untuk membuat header dapat kita lakukan dengan cara mengklik menu insert kemudian dilanjutkan dengan memilih sub menu header sehingga muncul gambar di bawah ini. Setelah itu kita pilih jenis header yang diinginkan.

 Header Pada Word
Header Pada Word

Untuk membuat footer dapat kita lakukan cara yang sama dengan cara membuat header. Hanya saja setelah kita memilih menu insert yang kita pilih adalah sub menu footer kemudian muncul pilihan jenis footer yang diinginkan. Pilih jenis footer yang sesuai dengan selera kita kemudian tuliskan teks yang diinginkan.

Footnote merupakan catatan kaki yang biasanya digunakan untuk memberikan keterangan terhadap teks yang ada pada halaman isi yang tidak mungkin atau dianggap mengganggu jika dituliskan di halaman isi. Footnote ini biasanya banyak digunakan dalam artikel ilmiah seperti skripsi dan tugas akhir atau buku – buku keilmuan seperti kitab hadis, dan lain sebagainya. Tempat menuliskannya adalah pada bagian bawah (kaki) halaman. Hampir sama dengan footnote, endnote juga berfungsi untuk memberikan catatan, ulasan terhadap suatu kata atau kalimat yang ada di halaman isi, akan tetapi perbedaanya terletak pada tempat penulisan ulasan. Jika footnote terletak pada kaki halaman, maka endnote terletak pada halaman akhir dari halaman kerja.

Berikut ini merupakan langkah – langkah yang dapat dilakukan dalam membuat footnote dan endnote.

  1. Letakkan kursor pada akhir kata atau kalimat yang akan diberikan catatan atau ulasan. Sebagai contoh di sini kita ambil kata footnote.
  2. Klik menu references
  3. Pilih insert footnote untuk membuat catatan kaki sehingga muncul tampilan berikut pada bagian bawah halaman.cara_membuat_header_footer_footnote_endnote_4
  4. Tulis footnote yang diinginkan pada kolom tersebut, misalkan di sini kita buat “footnote merupakan catatan kaki”
  5. Setelah itu klik sembarang tempat di lembar kerja writer, maka kita akan melihat pada bagia bawah sudah ada catatan kaki yang dapat memperjelas kata yang kita inginkan.
  6. Jika kita ingin membuat endnote atau catatan di akhir dokumen, maka pada langka 3 kita dapat memilih end note, sehingga pada akhir dokumen kita akan muncul tempat membuat catatan.
  7. Setelah itu lakukan penulisan catatan atau ulasan pada bagian akhir halaman (endnote).

Demikian cara singkat membuat kepala halaman (header), kaki halaman (footer), catatan kaki (footnote) dan catatan akhir halaman (end note), semoga ada manfaat bagi yang membacanya.

Print Friendly, PDF & Email
Hari

Written by 

admin "Ilmu Itu Tak Ada Yang Tak Bermanfaat"

3 Replies to “Membuat Header, Footer, footnote dan Endnote”

Leave a Reply

Your email address will not be published.