Lomba Keterampilan Siswa Tingkat SMK se Kabupaten Kuantan Singingi

Dalam rangka mempersiapkan peserta LKS SMK tingkat nasional 2016, maka Dinas Pendidikan Kabupaten Kuantan Singingi menaja LKS SMK tingkat Kabupaten Kuantan Singingi pada tanggal 19 Maret 2016. LKS tingkat kabupaten ini diadakan untuk menyeleksi siswa-siswi yang akan mewakili Kabupaten Kuantan Singingi dalam ajang LKS tingkat propinsi dan nasional.

Untuk LKS SMK bidang keterampilan komputer seperti network system administrator, web design, graphic design dan animasi komputer dilaksanakan di SMK Negeri 1 Teluk Kuantan. Adapun peserta yang ikut dalam lomba ini terdiri dari 4 orang network system administrator, dua orang disain grafis, dua orang animasi komputer dan tiga orang disain web. Acara ini dilaksanakan satu hari penuh mulai dari pukul 08.00 sampai pukul 18.30 WIB yang dinilai oleh dua orang tim juri yaitu dari Universitas Islam Kuantan Singingi dan Dunia Usaha (Praktisi).

Pengumuman pemenang langsung dilakukan oleh ketua tim juri LKS SMK bidang komputer yaitu Bapak Harianja yang berasal dari Universitas Islam Kuantan Singingi. Adapun yang keluar sebagai pemenang dalam LKS SMK 2016 ini adalah:

  1. Bidang Network system administrator atau administrasi jaringan komputer daraih oleh SMK N2 Teluk Kuantan yang mampu menyelesaikan soal secara cepat, tepat dan sempurna sehingga hanya dalam waktu lebih kurang tiga setengah jam mampu menyelesaikan seluruh job yang disepakati bersama. Menyusul di bawahnya siswa SMK Negeri 1 Teluk kuantan dan terakhir SMK Negeri 1 Benai. Sedangkan peserta ke empat dari SMK Negeri 1 Lubuk Jambi tidak bisa mengikuti lomba dikarenakan dalam keadaan sakit.
  2. Bidang web design atau perancangan web diikuti oleh tiga peserta dari tiga  sekolah yaitu SMK Negeri 1 Teluk Kuantan, SMK Negeri 2 Teluk Kuantan dan SMK Negeri 1 Benai. Keluar sebagai pemenang pertama adalah siswa SMK Negeri 1 Teluk Kuantan yang disusul oleh SMK Negeri 2 Teluk Kuantan dan SMK Negeri 1 Benai.
  3. Bidang animasi multimedia diikuti oleh dua peserta yaitu SMK Negeri 2 Teluk Kuantan dan SMK Negeri 1 Benai. Keluar sebagai pemenang siswa SMK Negeri 1 Benai yang mampu menyelesaikan job dengan cepat dan hasil yang memuaskan.
  4. Bidang graphic design atau disain grafis juga diikuti dua peserta yaitu SMK Negeri 2 Teluk Kuantan dan SMK Negeri 1 Benai dan keluar sebagai pemenang siswa SMK Negeri 2 Teluk Kuantan.

Dari hasil pengumuman pemenang terlihat bahwa untuk administrasi komputer jaringan SMK Negeri 2 Teluk Kuantan masih keluar sebagai pemenang setelah pada LKS SMK 2015 juga sebagai pemenang. Ini artinya SMK Negeri 2 masih dapat mempertahankan kemenangannya dalam bidang administrasi jaringan ini. Untuk bidang web disain SMK Negeri 1 Teluk Kuantan juga masih bisa mempertahankan kemenangannya sebagai mana yang telah diraihnya pada tahun 2015 lalu. Bidang animasi tampaknya SMK Negeri 2 Teluk Kuantan harus rela memberikan kemenangannya kepada SMK Negeri 1 Benai yang pada tahun lalu menjadi runner up. Sedangkan bidang disain grafis yang merupakan bidang baru dalam LKS SMK 2016 berhasil direbut oleh siswa SMK Negeri 2 Teluk kuantan dengan hasil yang sangat memuaskan.lomba-keterampilan-siswa-smk-2016-ok

Bagi pemenang LKS SMK 2016 ini akan menjadi perwakilan Kabupaten Kuantan Singingi pada ajang LKS SMK tingkat propinsi Riau yang akan diadakan pada waktu yang akan datang. Kita berdo’a dan berharap agar mereka yang terpilih benar benar dapat mempersiapkan dirinya untuk mengikuti ajang LKS SMK tingkat propinsi dan kalau perlu sampai ke tingkat pusat. Aamiin…

Print Friendly, PDF & Email
Hari

Written by 

admin "Ilmu Itu Tak Ada Yang Tak Bermanfaat"

Leave a Reply

Your email address will not be published.