Koneksi database di visual basic

Pada Visual Basic 6.0 terdapat tiga ‘interface’ untuk pengaksesan data atau melakukan koneksi ke database, yaitu ;

  1. ADO : ActiveX Data Objects
  2. RDO : Remote Data Object
  3. DAO : Data Access Objects

Teknologi terakhir adalah ADO yang menawarkan kemudahan dan fleksibilitas dibandingkan RDO dan DAO. Selain kemudahan dan fleksibilitas, ADO juga mudah untuk dipelajari. Sebenarnya RDO dan DAO merupakan teknologi database yang dikembangkan pada versi visual basic sebelumnya (versi 3, 4 dan 5). Akan tetapi teknologi ini oleh microsoft masih disertakan pada VB 6.0 untuk menjaga kompatibilitas dengan program yang dikembangkan pada versi sebelumnya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa untuk mengembangkan aplikasi basis data baru di VB 6.0 sebaiknya gunakan saja teknologi terakhir yang disebut ADO.

Mengapa harus menggunakan ADO?

Alasan menggunakan teknologi ini karena, ADO (ActiveX Data Objects) didisain untuk memudahkan interaksi aplikasi dengan data access sesuai dengan paradigma baru yang dikembangkan oleh Microsoft yaitu OLE DB. OLE DB menyediakan ‘high-performance’ untuk mengakses semua jenis data source, termasuk di dalamnya non relational database dan relational (ORACLE-InterBase-BD2), email dan file systems, text dan grafik, dan lainnya.

Data Environment Designer

Selain ADO, pada VB 6.0 juga terdapat fitur baru yang disebut dengan Data Environment Designer dimana fitur ini belum atau tidak terdapat pada Visual Basic versi sebelumnya. Fitur ini menawarkan pembuatan program database dengan cara interaktif. Pada saat mendisain kita dapat mengatur nilai property untuk Connection dan Command object, menulis kode untuk merespon event dari ActiveX Data Object (ADO). Hal lain yang menarik adalah kita dapat men-drag field yang terdapat pada Data Environment object ke dalam Form atau Report (laporan) untuk membuat data-bound kontrol.

A. Data Acces Object (DAO)

DAO (Data Access Object) merupakan suatu Object Data Access Yang berukuran besar meliputi kemampuan Data Definition, Data Manipulation dan Database Maintenance. Untuk mengakses database menggunakan DAO dibutuhkan object Data. Jika dikoneksikan dengan Microsoft Access DAO hanya bisa dikoneksikan dengan microsoft Access 97.

Gambar Objek Data

Beberapa properti yang dimiliki oleh objek Data dapat Anda lihat pada tabel berikut

Properti Keterangan
Connect Hubungan file data, bias bersumber dari Access, dBase, Excel, Foxpro, Lotus, Paradox, dan file Text.
DatabaseName Nama file database
RecordSource Tabel dalam database
EOF Action Pengecekan pergerakan kusror. Jika kursor sampai pada akhir file, maka terdapat pilihan property : MoveLast (record terakhir), EOF (akhir file), AddNew (menambah record baru)
Recordset Type Tipe record : 0-Table, 1-Dynaset, 2-SnapShot

Cara Koneksi database dengan DAO

Untuk koneksi database dengan DAO, Kita harus menambahkan objek Data pada Form. Ada dua cara koneksi database menggunakan DAO yaitu;

  1. Dengan mengatur property dari objek Data seperti pada tabel berikut:

Tabel properti kontrol data dbAkademik

Property Setting Value
Name datAkademik
Caption dbAkademik
Connect Access
DatabaseName dbAkademik
Recordsource tbMahasiswa
  1. Pengaturan dengan mengetikkan kode program seperti berikut :

Private Sub Form_Load()

datAkademik.DatabaseName = App.Path & “\dbAkademik.mdb”

datAkademik.RecordSource = “tbMahasiswa”

End Sub

Koneksi database cara pertama masih bersifat statis yang artinya jika program/file dipindah ke folder atau drive lain, maka pengaturan properti DatabaseName harus disesuaikan dengan program/file berada. Koneksi database cara kedua, sifatnya dinamis. App.Path digunakan untuk mendapatkan folder aktif.

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat cara koneksi database menggunakan DAO

 

B. ADO (ActiveX Data Object)

ADO (ActiveX Data Object) merupakan suatu Object Data yang mempunyai kemampuan Data Definition, Data Manipulation dan Database Maintenance serta dapat untuk membangun koneksi dengan beberapa jenis database. Untuk mengakses database menggunakan ADO ada dua fasilitas yang dapat dipakai yaitu

  • ADODC

ADODC adalah sebuah object sehingga dapat dilihat atau ditambahkan di toolbox. Untuk menambahkan objek ini maka lakukan langkah sebagai berikut :

Klik menu Project, pilih Component (atau tekan Ctrl-T), tandai dengan memberi tanda cek pada Microsoft ADO Data Control 6.0 (OLEDB). Akhiri dengan tekan tombol OK, maka pada Toolbox akan muncul objek ADODC.

  • ADODB

Salah satu cara menghubungkan aplikasi dengan database melalui kode program, tanpa menggunakan objek.

Database yang dapat dikoneksi dengan ADO selain Microsoft Access, dapat juga dengan Foxpro, ODBC, SQLServer atau MySQL.

Cara Koneksi database dengan ADODB

Di dalam Visual Basic, Object ADODB yang sering digunakan adalah ADODB.Connection dan ADODB.Recordset. Untuk dapat membuat suatu variable dari ADODB ini kita harus terlebih dahulu memilih references di dalam Visual Baic yaitu Microsoft ActiveX Data Object. Ikuti langkah berikut :

  • Pilih menu Project kemudian References
  • Pilih Microsoft ActiveX Data Objects 2.1 Library kemudian Klik OK

Module sering digunakan di dalam pendeklarasian Connection dan Recordset untuk penggunaan database, sehingga Object Connection dan Recordset tersebut dapat digunakan pada semua bagian di dalam project yang anda buat.

  • Connection digunakan untuk melakukan koneksi ke database yang dipilih dengan perintah open ataupun mengeksekusi sintaks-sintaks SQL dengan perintah execute. Untuk membuka koneksi ke database gunakan perintah open yang diikuti oleh connection string yang dapat dihapalkan ataupun menggunakan bantuan seperti control ADODC atau file extension .UDL
  • Recordset digunakan untuk menampung data (bisa berasal dari satu / lebih tabel) yang merupakan hasil eksekusi perintah sql select, syntax:

select [nama kolom] from [nama tabel] where [kondisi]

Tambahkan Module pada program VB Anda (dengan cara pilih menu Project kemudian pilih Add Module), kemudian ketikkan kode program koneksi database berikut di Module Anda

Public Con As ADODB.Connection

Public Sub OpenConnection()

Set Con = New ADODB.Connection

Con.ConnectionString = “Provider=Microsoft.Jet.OLEDB.4.0;” & _

“Data Source=” & App.Path & “\dbAkademik.mdb;” & _

“Persist Security Info=False”

Con.CursorLocation = adUseClient

Con.Open

End Sub

Hasil dari koneksi di atas adalah Con akan membuka koneksi ke database dengan nama dbAkademik.mdb yang terletak di folder aktif dbAkademik.mdb.

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat contoh koneksi database menggunakan ADODB

Print Friendly, PDF & Email
Hari

Written by 

admin "Ilmu Itu Tak Ada Yang Tak Bermanfaat"

Leave a Reply

Your email address will not be published.