Kenapa seorang dosen harus melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat?

Dosen dipahami sebagai sosok yang mengabdikan dirinya sebagai tenaga pengajar di perguruan tinggi. Dalam hal ini sebenarnya dosen sama saja dengan seorang guru yang ada di tingkat pendidikan yang lebih rendah seperti SLTA, SLTP, SD dan TK. Lantas apa bedanya seorang dosen dengan seorang guru? Apakah gelar dosen itu hanya karena ia telah mengajar para mahasiswa? Jawaban sederhananya memang demikian akan tetapi sebenarnya dosen itu berbeda dari status seorang guru. Apakah perbedaannya karena banyaknya penghasilan? ataukah karena jenjang pendidikan? Jawabannya bisa saja iya dan bisa juga tidak, karena bisa saja seorang guru lebih tinggi penghasilan dan tingkat pendidikannya dari seorang dosen. Lantas apa sebenarnya perbedaannya?

Membedakan seorang dosen dengan seorang guru akan sama halnya dengan membedakan antara perguruan tinggi dan sekolah. Perguruan tinggi sebagai salah satu institusi pendidikan telah dibebani dengan amanah sebagai pelaksana pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang lebih dikenal dengan istilah tridarma perguruan tinggi. Hal ini berbeda dengan sekolah yang hanya dibebani satu amanah yaitu pelaksanaan pendidikan (tunggaldarma kali ya??). Perbedaan fungsi perguruan tinggi dan sekolah ini secara otomatis akan membuat perbedaan antara seorang dosen dan guru. Kenapa demikian? Jawaban sederhananya adalah karena masing masing dari mereka akan bertugas untuk melaksanakan apa yang menjadi amanah dari institusi tempat mereka berkiprah.

Ketika seseorang diberikan gelar sebagai dosen yang ditandai dengan diberikannya NIDN (Nomor Induk Dosen Nasional) oleh pemerintah, maka disaat itu juga dia diwajibkan untuk melaksanakan fungsi tridarma perguruan tinggi ini. Jika mereka tidak melaksanakannya atau dengan kata lain hanya melakukan salah satu dari ketiganya (seperti mengajar saja) berarti mereka belum melaksanakan fungsinya sebagai seorang dosen alias sama saja dengan seorang guru di sekolah. Begitu juga dengan perguruan tinggi yang tidak melaksanakan tridarma perguruan tinggi bisa saja dianggap sama seperti sekolah.

Mengulang pertanyaan pada judul artikel di atas “mengapa seorang dosen perlu melakukan penelitian dan pengabdian pada masyarakat?” di sini akan penulis uraikan secara singkat manfaat dari penelitian dan pengabdian yang dilakukan dosen baik terhadap dirinya, mahasiswanya, kampusnya, masyarakat dan negaranya. Jika dosen hanya melakukan pengajaran terhadap mahasiswa, maka cendrung mahasiswa disuguhi dengan keilmuan saja yang cendrung sudah kadaluarsa dan sulit untuk diterapkan pada suasana nyata yang senantiasa berubah. Keadaan ini bisa menyebabkan mahasiswa sulit untuk mengaplikasikan keilmuannya dalam kehidupan nyata karena konteks dan contohnya mungkin berbeda, apalagi kalau sang dosen kurang juga menjiwai apa yang disampaikannya.

Ketika seorang dosen melakukan penelitian, maka hasil penelitiannya itu akan memperkuat pengalamannya sehingga penjiwaannya dalam penyampaian kepada mahasiswa akan berbeda. Mahasiswa akan diberikan contoh contoh yang up to date ketika kuliah sehingga mereka akan mudah mencerna dan bersemangat. Akan melahirkan keilmuan dan teori teori baru yang memperkuat atau bahkan mungkin belum ada di buku buku teks. Membuat dosen lebih percaya diri ketika menyampaikan ilmunya kepada mahasiswa. Jika keilmuannya bisa diterapkan di masyarakat bisa saja meningkatkan kesejahteraan mereka yang pada gilirannya akan meningkatkan kesejahteraan bangsa dan negara. Akan megangkat derajat kampusnya di tengah tengah masyarakat dan pemerintah serta akan menunjang peningkatan karir dan penghasilan dosen yang bersangkutan.

Sama halnya dengan penelitian, pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh seorang dosen akan mendatangkan banyak manfaat kepada masyarakat di sekitarnya, dirinya, kampusnya dan negaranya. Pengabdian yang terbaik adalah pengabdian yang dilakukan dalam rangka menerapkan hasil penelitiannya. Sebagai contoh jika seorang dosen melakukan penelitian cara membuat padi bisa berbuah empat kali dalam setahun, maka jika penelitiannya berhasil dan diterapkan kepada masyarakat secara otomatis akan meningkatkan income masyarakat yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan negaranya.

Print Friendly, PDF & Email
Hari

Written by 

admin "Ilmu Itu Tak Ada Yang Tak Bermanfaat"

Leave a Reply

Your email address will not be published.