Kenali cara kerja otak untuk mengoptimalkan hasil belajar

Belajar merupakan cara manusia untuk mengenal diri dan lingkungannya sehingga terjadi perubahan pada dirinya baik secara sikap mental (afektif), pengetahuan (kognitif) dan keterampilannya (psikomotor). Ada banyak definisi yang telah diberikan oleh para ahli pendidikan tentang belajar, namun pada intinya adalah proses belajar itu harus menimbulkan perubahan perilaku yang berbeda antara sebelum dan sesudah belajar. Artinya dapat kita simpulkan bahwa belajar dianggap gagal jika tidak terjadi perubahan perilaku dan sebaliknya seseorang akan dianggap telah belajar jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya tentang apa yang telah dia pelajari.

Berikut ini merupakan beberapa definisi yang telah diberikan oleh para ahli pendidikan tentang apa itu belajar:

Menurut Moh Surya (1981 : 32 ) belajar merupakan suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan.

Menurut Ernest R. Hilgard belajar merupakan proses perbuatan yang dilakukan dengan sengaja yang kemudian menimbulkan perubahan yang keadaannya berbeda dari perubahan yang ditimbulkan oleh lainnya.

Menurut Winkel belajar merupakan semua aktifitas mental atau psikis yang berlangsung dengan interaksi aktif dalam lingkungan yang menghasilkan perubahan perubahan dalam pengelolaan pemahaman.

Menurut Gagne belajar merupakan sejenis perubahan yang diperlihatkan dalam perubahan tingkah laku yang keadaannya berbeda sebelum individu berada dalam situasi belajar dan sesudah melakukan tindakan yang serupa itu. Perubahan itu terjadi akibat adanya suatu pengalaman atau latihan. Berbeda dengan perubahan serta merta akibat refleks atau perilaku akibat naluriah.

Dari sekian banyak definisi yang telah diberikan oleh para ahli dapat kita simpulkan bahwa inti dari belajar itu adalah perubahan pada seseorang yang belajar tersebut baik secara mental, pengetahuan dan keterampilan.

Bagaimanapun definisinya, belajar tersebut pasti melibatkan otak seseorang dalam prosesnya. Berhasil atau tidaknya, maksimal atau tidaknya hasil belajar sangat ditentukan oleh maksimal atau tidaknya penggunaan potensi otak yang dipakai untuk belajar. Untuk dapat memaksimalkan potensi otak, perlu bagi kita untuk mengenal sifat atau karekteristik otak tersebut sehingga benar benar dapat kita manfaatkan untuk memaksimalkan hasil belajar. Berikut ini merupakan beberapa sifat atau cara kerja otak yang selalu kita bawa kemana ini untuk dapat dikenali dan dimanfaatkan untuk memaksimalkan hasil belajar kita.

  1. Otak sangat mudah mengingat sesuatu yang dilakukan secara berulang. Sebagai contoh cobalah anda baca atau dengan dari seseorang kata kata berikut (dan tak perlu menggunakan energi atau usaha untuk mengingat): “kursi, meja, rumput, lampu, rumput, dinding, rumput, jendela, rumput, lantai, papan tulis, rumput, pena, rumput, penghapus, pensil, rumput, kaca, plastik, rumput”. Maka kata yang paling mudah untuk kita ingat adalah kata rumput karena memang kata tersebut sering didengar dan dibaca (diulang). Jadi dengan memanfaatkan teknik ini kita dapat memaksimalkan hasil belajar dengan hanya rajin mengulang-ulang yang dipelajari tanpa perlu harus mengeluarkan energi besar dalam mempelajarinya. Jika kita belajar ketika akan ujian saja, maka dipastikan energi kita terkuras untuk itu dan kemungkinan hasilnya belum tentu didapatkan (banyak kasus menimbulkan penyakit). Tapi jika kita ulang – ulang setiap hari, setiap minggu dengan cara yang santai maka insya Allah hasilnya akan maksimal. Ingatlah pepatah orang –  orang tua kita “Pasal jalan karena ditempuh, pasal kaji karena diulang” yang memberikan makna kepada kita bahwa ketika kita belajar kita akan maksimal kalau kita sering mengulanginya.
  2. Kepala atau otak kita sangat suka mengingat yang tampil beda. Sebagai contoh ada segerombolan orang lewat sekilas dihadapan kita dan diantara gerombolan itu ada yang botak dan tak pakai baju, celana norak panjang sebelah serta pakai sepatu bot. Maka ketika ada orang bertanya apakah kita pernah melihat segerombolan orang lewat di dekat kita? maka kita akan teringat dan mengatakan ada. Ketika ditanya ciri cirinya maka kita akan langsung menjawab orang yang tampil beda tersebut. Bagaimana memanfaatkan sifat otak ini dalam memaksimalkan hasil belajar? Kita harus buat materi belajar kita tampil berbeda seperti membuat garis tebal, miring, pakai kotak, stabilo, gambar dan lain sebagainya sehingga bisa kita jadikan sebagai alat pengingat tentang ilmu yang kita pelajari
  3. Kepala kita suka mengingat yang aneh aneh dan uniks. Jika kita tiba tiba mendengar ada orang yang berbicara ada ular berkepala dua, maka sontak kepala kita akan fokus untuk mendengarnya dan berusaha untuk mendapatkan informasi itu sebanyak banyaknya. Maka buatlah apa yang kita pelajari itu sebagai sesuatu yang unik dan aneh sehingga otak kita bersemangat dalam mempelajarinya
  4. Kepala kita akan mudah dimasuki informasi ketika dia dalam keadaan fun atau senang. Jika kita ingin hasil belajar kita maksimal maka kita harus benar benar menyukai pelajaran tersebut. Selain itu kondisi atau tempat belajarpun harus benar benar dibuat menyenangkan sehingga apa yang dipelajari benar benar bisa dinikmati bukan menambah stress
  5. Otak kita mudah mengingat kalau fokus. Jika kita sedang belajar tetapi mengingat banyak hal di luar apa yang sedang kita pelajari, maka dapat dipastikan apa yang sedang dipelajari tidak akan maksimal hasilnya. Imam al Gozali mengibaratkan bahwa fikiran yang tidak fokus dalam belajar seperti aliran sungai kecil yang bercabang cabang sehingga sebagiannya ditiup angin, sebagian dihisap oleh rerumputan dan hanya sedikit yang sampai ke sawah ladang. Maksudnya adalah otak kita ini terlalu kecil sebetulnya untuk mempelajari seluruh ilmu dijagad raya ini, maka ketika kita mempelajari suatu ilmu tetapi fikiran kita bercabang, maka ilmu yang sedikit yang akan kita masukkan ke kepala kita saja tidak akan semuanya dapat kita serap.

Demikian beberapa hal tentang otak semoga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan hasil belajar kita.

Print Friendly, PDF & Email
Hari

Written by 

admin "Ilmu Itu Tak Ada Yang Tak Bermanfaat"

One Reply to “Kenali cara kerja otak untuk mengoptimalkan hasil belajar”

  1. I’ve been browsing on-line more than three hours today, but I by no means discovered any ineriesttng article like yours. It¡¦s lovely worth sufficient for me. In my opinion, if all site owners and bloggers made good content as you did, the web will probably be much more useful than ever before.

Leave a Reply

Your email address will not be published.