Jaringan Wireless LAN (WLAN)

Wireless Local Area Network (WLAN) merupakan jaringan komputer yang menggunakan gelombang radio sebagai media transmisi datanya. Pada jaringan ini data atau informasi ditransfer dari satu komputer ke komputer lain tanpa mengunakan kabel sebagai media perantara. Jaringan ini sering juga disebut dengan istilah jaringan nirkabel atau jaringan tanpa kabel. Berikut ini merupakan beberapa kelebihan dari jaringan WLAN jika dibandingkan dengan jaringan komputer kabel.

  1. Mobilitas tinggi: Jairngan WLAN dapat menyediakan pengaksesan data atau informasi secara real time dimana saja bagi pengguna LAN selama berada dalam organisasinya. Mobilitas ini mendukung layanan yang tidak dapat disediakan oleh jaringan kabel. Dengan kata lain kalau kita menggunakan WLAN maka kita dengan mudah untuk pindah tempat duduk karena tidak terikat oleh kabel seperti yang terjadi pada jaringan kabel.
  2. Fleksibilitas dan kemudahan instalasi (pemasangan): Jaringan ini dapat dipasang dengan mudah serta dapat mengurangi penggunaan kabel yang melalui tembok atau atap. Dengan jaringan WLAN memungkinkan kita untuk memasang jaringan komputer pada tempat – tempat yang tak mungkin menggunakan kabel
  3. Pengurangan anggaran biaya: Meskipun investasi awal (biaya pemasangan awal) yang dibutuhkan relatif lebih tinggi dari biaya perangkat kabel LAN, tapi biaya instalasi keseluruhan serta biaya penggunaan dan perawatan dapat diperkecil. Keuntungan biaya jangka panjang akan sangat besar pada jaringan kabel apabila sering terjadi perpindahan dan perubahan jaringan.
  4. Kemampuan jangkauan: Jaringan WLAN dapat dipasang pada topologi yang bermacam – macam untuk mendapatkan kebutuhan instalasi dan pemakaian yang sesuai. Konfigurasi jaringan secara mudah dapat diubah dari jaringan peer to peer untuk jumlah pengguna yang sedikit menuju jaringan infrastruktur yang padat mencapai ribuan pengguna yang dapat menjelajah dengan jangkauan yang luas

Perangkat Jaringan Wireless LAN

Untuk dapat membentuk jaringan tanpa kabel, kita membutuhkan perangkat jaringan wireless. Berikut ini merupakan perangkat jaringan wireless yang dapat kita pakai untuk mewujudkan jaringan tanpa kabel.

Wireless acces point : Merupakan komponen yang berfungsi untuk mengirimkan atau menerima data yang berasal dari wireless adapter. Perangkat ini melakukan konversi frekuensi sinyal radio menjadi sinyal digital dan sebaliknya mengubah sinyal digital ke sinyal radio (analog). WLAN access point fungsinya mirip seperti HUB atau Switch sehingga dengan acces point ini perangkat yang terhubung ke jaringan jumlahnya bisa banyak. ika tidak ada acces point, maka pola hubungannya hanya berupa point to point (2 komputer saja). Pola seperti ini mirip dengan hubungan komputer dengan komputer menggunakan kabel cross over. Acces point mengeluarkan sinyal SSID (service set identification) yang merupakan nama sinyal radio yang diberikan pada jaringan tanpa kabel. Untuk dapat terhubung ke access point, semua komputer harus diisikan SSID yang dikeluarkan oleh acces point. Penamaan SSID biasanya menggunakan nama default akan tetapi kita dapat mengubahnya jika mau. Pada acces point biasanya terdapat beberapa lampu indikator yang menunjukkan kerja dari acces point tersebut. Berikut adalah maksud dari lampu indikator pada access point:

  • Power : jika menyala menandakan acces point sedang hidup
  • System : jika menyala berkedip berarti acces point bekerja normal
  • LAN : Jika menyala berarti acces point sedang terhubung dengan hub atau switch
  • WLAN : Jika hidu berarti Wireless access point sedang aktif

 

Pada bagian belakang access point biasanya terdapat beberapa hal berikut ini :

  • Port LAN :digunakan untuk menghubungkan komputer, hub atau switch ke access point menggunakan kabel jaringan UTP (konektor RJ-45).
  • Socket Power : digunakan untuk menghubungkan access point dengan adaptor
  • Tombol Reset : digunakan untuk mereset atau mengembalikan konfigurasi access point ke kondisi default.

Wireless USB Adapter : Setiap komputer yang ingin terhubung ke jaringan wireless LAN, maka komputer tersebut harus memiliki wireless adapter. Umumnya laptop atau notebook generasi sekarang sudah dilengkapi dengan wireless adapter ini (wifi adapter) sehingga kita tidak perlu lagi membelinya. Jika adapter tersebut rusak atau jika kita menggunakan PC yang belum dilengkapi wireless adapter, maka kita dapat membeli wireless USB adapter ini di toko komputer dengan harga yang relatif murah. Dengan wireless USB adapter ini, kita juga dapat dengan mudah berbagi pakai adapter wireless dengan pengguna lain seperti mudahnya kita memindahkan flashdisk.

Wireless PCI Adapter : Jika wireless USB adapter dapat dengan mudah dilepas atau dipindahkan, Wireless PCI Adapter harus dipasangkan pada slot PCI yang ada pada komputer PC. Kelemahannya susah untuk melakukan berbagi pakai dengan pengguna lainnya karena harus membuka casing komputer terlebih dahulu.

Print Friendly, PDF & Email
Hari

Written by 

admin "Ilmu Itu Tak Ada Yang Tak Bermanfaat"

Leave a Reply

Your email address will not be published.