Cara Menjadikan Laptop Menjadi Hotspot

Hotspot yang dimaksudkan di sini bukanlah titik api atau titik panas yang sering kita dengar ketika terjadi kebakaran hutan atau lahan, akan tetapi hotspot yang berkaitan dengan jaringan internet. Dalam dunia komputer Istilah Hotspot merupakan sebuah area dimana orang atau user dapat mengakses internet melalui perangkat smartphone, laptop, PC atau yang lainnya tanpa menggunakan kabel (wireless). Jadi syarat seorang client dapat terhubung dengan hotspot ini haruslah memiliki fasilitas wireless. Setelah terhubung ke hotspot setiap client akan dapat mengakses internet dengan leluasa. Tentu saja jarak antara pengguna dengan hotspot akan menentukan lancar atau tidaknya koneksi antara keduanya. Biasanya jarak pancar hotspot normal maksimal 50 meter, akan tetapi bisa saja lebih jauh tergantung peralatan yang digunakan (bisa juga diperpanjang menggunakan repeater).

Untuk dapat dijadikan sebagai hotspot, Laptop harus disetting pada posisi hotspot. Berikut ini merupakan Langkah – langkah yang dapat dilakukan untuk menjadikan komputer Anda sebagai hotspot :

  1. Pertama pastikan komputer yang akan dijadikan hotspot dalam keadaan terhubung ke internet baik melalui kabel LAN ataupun melalui sambungan wifi
  2. JIka komputer yang akan dijadikan hotspot terhubung ke internet melalui kabel LAN, maka pada langkah kedua pastikan wifi komputer hotspot juga dalam keadaan aktif. Karena nantinya komputer client atau pengguna akan terhubung ke komputer hotspot melalui wifi.
  3. Masuk ke network setting komputer Anda dengan cara klik kiri menu start kemudian pilih setting setelah itu pilih mobile hotspot
  4. Ubah status “share my internet connection with other device” menjadi ON
  5. Lihat network name dan network password, jika mau mengganti klik tombol edit kemudian ganti name dan password yang diinginkan setelah itu lakukan save
  6. Jika kita ingin mengijinkan pengguna lain untuk menghidupkan mobile hotspot kita, pastikan bagian “Turn On Remotely” dalam keadaan ON (Syaratnya kedua komputer harus terhubung dengan menggunakan bluetooth)
  7. Setelah hal di atas selesai dilakukan, sekarang komputer pengguna sudah bisa melihat network name komputer kita pada bagian internet acces (wifi)
  8. Lakukan koneksi ke hotspot tersebut (network name yang sudah kita buat tadi) dan masukkan password yang sudah kita buat. Maka setelah koneksi sukses, maka pengguna dapat mengakses internet melalui komputer kita (hotspot)
Print Friendly, PDF & Email
Hari

Written by 

admin "Ilmu Itu Tak Ada Yang Tak Bermanfaat"

One Reply to “Cara Menjadikan Laptop Menjadi Hotspot”

Leave a Reply

Your email address will not be published.