Cara Mengubah Satuan, Ukuran, Margin dan Orientasi Kertas

Pada bagian ini dijelaskan beberapa hal yang harus kita lakukan sebelum bekerja dengan kingsoft writer ataupun microsoft office word. Saya menyarankan agar hal ini dilakukan terlebih dahulu walaupun sebetulnya bisa dilakukan di akhir atau di tengah pekerjaan berlangsung. Hanya saja untuk kasus-kasus tertentu akan lebih mudah untuk mengatur di awal jika dibandingkan pengaturan di akhir. Adapun hal-hal yang sebaiknya kita lakukan di awal adalah:

Mengubah Satuan

Kita tahu bahwa aplikasi kingsoft office writer dan microsoft word bukan bikinan orang indonesia yang terbiasa menggunakan ukuran dalam satuan cm. Biasanya satuan difault kingsoft office writer adalah dalam milimeter (mm) dan kalau tidak salah microsoft word dalam inch. Jika aplikasi ini satuannya tidak dalam bentuk centimeter yang banyak digemari oleh orang Indonesia, maka kita akan mengalami kesusahan dalam beberapa hal seperti pengaturan margin dan ukuran kertas. Untuk itu kita perlu memastikan bahwa satuan yang digunakan benar-benar dalam cm. Untuk memastikannya dapat kita lihat pada menu pengaturan margin dan size. Jika satuannya belum cm (biasanya mm atau inch) maka kita sebaiknya melakukan ubah satuan. Untuk melakukan ubah satuan di kingsoft office writer dapat kita lakukan langkah-langkah berikut ini

  1. Klik kiri writer button (pojok kiri atas yang ditandai dengan huruf W)
  2. Pilih tools
  3. Pilih option sehingga muncul kotak dialog option
  4. Pilih general and save kemudian atur bagian measurement unit (lihat gambar) kemudian pilih ok

Untuk melakukan ubah satuan pada microsoft office word 2007 dapat diikuti langka-langkah berikut ini.

  1. Klik kiri office button
  2. Pilih word option kemudian pilih advanced setelah itu gulir ke bawah. Pada bagian display silahkan ubah “show measurement in unit” dalam centimeter.

Mengubah Ukuran Kertas dan Margin

Jika kita sudah melakukan ubah satuan sesuai dengan satuan yang biasa kita gunakan maka proses pengaturan margin dan ukuran kertas akan menjadi lebih mudah. Tapi jika langkah di atas belum dilakukan, maka kita akan mengalami kesulitan. Untuk mengatur margin dan ukuran kertas dapat kita ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Klik page layout
  2. Pilih size untuk mengatur ukuran kertas –>pilih jenis ukuran yang diinginkan –>jika tidak ada pilih more paper size untuk mengatur ukuran manual (lihat gambar)
  3. Pilih margin untuk mengatur margin kertas –> pilih margin yang sesuai –> pilih custom margin jika ingin atur margin manual (lihat gambar)

Pada microsoft word dapat dilakukan cara yang hampir sama sebagai berikut.

  1. Klik menu page layout
  2. Kemudian pilih margin sehingga muncul gambar berikut.

Mengatur orientasi kertas

Adakalanya kita perlu melakukan pengaturan orientasi kertas sesuai jenis pekerjaan yang kita lakukan. Sama seperti microsoft word, pada kingsoft office writer juga terdapat pengaturan orientasi kertas. Ada dua pilihan orientasi kertas yaitu portrait untuk arah vertikal atau tegak lurus dan landscape untuk arah horizontal. Berikut ini adalah langkah – langkah mengubah orientasi kertas di kingsoft office writer.

  1. Pilih page layout
  2. Pilih orientation –> jilih jenis orientasi kertas yang diinginkan (portrait atau landscape)
Print Friendly, PDF & Email
Hari

Written by 

admin "Ilmu Itu Tak Ada Yang Tak Bermanfaat"

Leave a Reply

Your email address will not be published.