Cara Menghapus, Menambah, Mengubah Lebar dan Tinggi baris, kolom dan sel

Setelah kita membuat tabel, mungkin saja akan terjadi kelebihan ataupun kekurangan jumlah baris atau kolom. Jika kelebihan akan menyebabkan tabel yang kita buat tidak sedap dipandang mata dan jika kekurangan akan menyebabkan data yang ingin kita masukkan tidak mempunyai space atau ruang di tabel. Agar tidak terjadi kelebihan jumlah baris atau kolom di tabel, kita dapat mengatasinya dengan cara menghapus baris atau kolom tersebut. Jika yang terjadi kekurangan jumlah baris, kolom atau sel, kita juga dapat melakukan penambahan jumlah baris, kolom dan sel. Selain mungkin mengalami kekurangan atau kelebihan jumlah baris dan kolom, kita juga akan mengalami lebar atau tinggi baris yang tidak sesuai dengan isi sel yang kita masukkan. Karena itu kita harus melakukan tindakan menambah atau mengurangi lebar kolom dan tinggi baris yang ada pada tabel. Berikut ini akan dijelaskan cara-cara yang dapat kita lakukan untuk menambahkan dan menghapus jumlah baris, kolom dan sel, serta cara mengatur lebar kolom dan tinggi baris pada tabel.

Menghapus Kolom, Baris Dan Sel

Kolom, baris dan sel yang ada pada tabel dapat kita hapus jumlahnya. Jadi sebenarnya tidak mesti diawal membuat tabel kita terlalu fokus pada jumlah baris dan kolom dari tabel yang akan dibuat. Karena, kalaupun ternyata nanti terjadi kelebihan jumlah kolom atau baris, kita dapat menghapusnya dengan mudah dan cepat. Berikut ini adalah cara yang dapat dilakukan untuk menghapus kolom, baris dan sel pada tabel:

  1. Lakukan klik kanan pada baris atau kolom (kalau menghapus baris atau kolom harus diblok baris atau kolom tersebut) atau sel yang ingin dihapus sehingga muncul tampilan seperti gambar berikut.
  2. Pilih delete cells. Akan muncul tampilan jenis-jenis pendeletan yang akan dilakukan.
  3. Pilih jenis delete atau penghapusan yang ingin dilakukan. Misalkan dalam contoh ini kita pilih delete entire row untuk menghapus satu baris penuh.
  4. Pilih Ok, maka hasilnya adalah satu baris sel dari tabel akan terhapus

Menyisipkan Kolom Dan Baris

Selain dapat melakukan penghapusan kolom, baris dan sel, kita juga dapat melakukan penyisipan atau penambahan jumlah baris, kolom dan sel. Caranyapun hampir sama dengan proses penghapusan yaitu.

  1. Lakukan klik kanan pada kolom atau baris atau sel yang ingin disisip atau ditambahkan.
  2. Pilih insert sehingga muncul beberapa pilihan cara memasukkan sel.
  3. Pilih jenis penyisipan yang diinginkan yaitu menyisipkan baris di bawah kursor atau baris aktif, menyisipkan baris pada bagian atas kursor atau baris aktif. Menyisipkan kolom sebelah kanan atau kiri. Dalam contoh ini kita pilih rows below untuk menambahkan baris di bawah kursor. Hasilnya dapat dilihat bahwa pada tabel sudah bertambah satu baris baru di bawah kursor.

Mengubah Lebar Kolom Dan Tinggi Baris

Lebar kolom dan tinggi baris suatu tabel dapat diatur ukurannya sesuai keinginan kita. Untuk mengubah lebar kolom dan tinggi baris pada tabel kita dapat dengan mudah melakukannya dengan menggunakan mouse. Caranya adalah dengan memposisikan pointer pada pinggir baris atau kolom yang akan diatur lebar atau tingginya. Setelah pointer berubah bentuknya lakukan klik kiri tahan kemudian geser ke kanan atau kiri untuk mengatur lebar kolom dan geser ke atas atau bawah untuk mengatur tinggi baris.

Print Friendly, PDF & Email
Hari

Written by 

admin "Ilmu Itu Tak Ada Yang Tak Bermanfaat"

One Reply to “Cara Menghapus, Menambah, Mengubah Lebar dan Tinggi baris, kolom dan sel”

  1. Wow, just wow. In your one post I have more of a feel of Panamá than I could ever get from a dry information weutSse.ibch a BEAUTIFUL post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.