Cara Menggunakan List box pada VB

Listbox atau daftar pilihan berfungsi untuk memilih satu atau beberapa pilihan yang telah disediakan dalam daftar pilihan dan tidak dapat mengisikan selain dari daftar pilihan tersebut. Listbox ini akan memudahkan bagi user, karena hanya dengan mengklik pada daftar tersebut untuk memilihnya. Listbox terdiri dari dua jenis yaitu listbox standar dan checkbox listbox. Pemiliahan jenis listbox dapat dilakukan pada property style di jendela property.

Ketika sebuah Kontrol ListBox diletakkan pada sebuah form, maka beberapa properti dari kontrol tersebut harus diberikan seperti atribut sorted agar secara otomatis item yang ada di dalamnya diurutkan berdasarkan alpabetik.

Jika item-item yang harus muncul pada kontrol listbox sudah diketahui pada saat design time, item-item tersebut dapat dimasukkan langsung melalui properti list. Cukup mengetikkan isinya, untuk berpindah ke baris berikutnya tekan Ctrl+Enter.

Properti List dari Kontrol ListBox

Namun hal ini tidak menutup kemungkinan untuk memasukkan item data melalui kode program seperti contoh kode di bawah ini :

list1.AddItem “Teknik Informatika”

list1.AddItem “Sistem Informasi”

list1.AddItem “Manajemen Informatika”

list1.AddItem “Teknik Komputer”

Properti columns digunakan untuk menentukan tipe-tipe yang berbeda dari listbox dengan beberapa kolom dan sebuah horizontal scrool bar pada border sebelah bawah atau sebuah kolom dan sebuah vertical scroll bar pada sisi sebelah kanan. Pada gambar berikut ditunjukkan perbedaan penggunaan nilai properti columns 0, 1 dan 3

 Kontrol ListBox dengan Nilai Properti Columns 0, 1 dan 3

Kontrol ListBox juga memperbolehkan seorang pengguna untuk memilih lebih dari satu item pada suatu waktu. Untuk mengaktifkan, properti MultiSelect diberi nilai 1-Simple atau 2-Extended. Pada mode 1-Simple pemilihan dapat dilakukan dengan menggunakan menekan spasi (space bar) atau mouse. Pada mode 2-Extended pemilihan dilakukan dengan menekan tombol shift. Selain properti Multiselect , kontrol ListBox mempunyai properti Style yang diberi nilai 0-Standard dan 1-Checkbox seperti ditunjukkan Gambar berikut.

 Kontrol ListBox dengan properti Style 0–Standard dan 1-Checkbox

Sebagai latihan silahkan buat form seperti gambar di bawah ini. Kemudian isikan data list box melalui jendela property. Rancang program agar ketika dijalankan, jika kita memilih item yang ada di list box, maka item tersebut muncul di textbox.

KODE PROGRAM

Private Su b Command1_Click()

end

End Sub

 

Private Sub List1_Click()

‘untuk membuat item di listbox tampil di texbox ketika diklik

Text1.Text = List1.Text

End Sub

Print Friendly, PDF & Email
Hari

Written by 

admin "Ilmu Itu Tak Ada Yang Tak Bermanfaat"

Leave a Reply

Your email address will not be published.