Cara Menggabungkan Objek, Mengubah Posisi dan Memberikan teks pada shape

Selain bisa dipotong, diubah warna, diputar dan diatur letaknya pada dokumen, gambar atau objek yang dimasukkan ke lembar kerja writer juga dapat diubah posisinya terhadap objek lainnya, digabungkan dengan objek lainnya serta dapat juga kita masukkan teks ke dalamnya. Berikut ini merupakan cara – cara yang dapat kita lakukan untuk mengubah posisi objek, menggabung objek dan memasukkan teks ke dalam objek

Mengubah Posisi Objek

Jika kita menyisipkan beberapa objek ke dalam sebuah dokumen, objek pertama yang disipkan akan ditempatkan di paling bawah atau di bawah objek yang baru dimasukkan (objek kedua berada di atasnya) begitu juga seterusnya sehingga objek yang pertama tak terlihat atau tertutupi oleh objek yang baru . Posisi tersebut bisa kita ubah sesuai keinginan (misalkan objek yang baru berada di bawah objek yang lama). Adapun cara mengubah posisinya sebagai berikut.

  1. Klik kiri objek yang ingin diatur posisinya
  2. Klik menu format
  3. klik atau pilih submenu bring to front (untuk memindahkannya ke bagian depan) atau pilihan yang lainnya.

Menggabungkan Beberapa Objek

Objek yang kita masukkan ke dalam lembar kerja writer dan word dapat kita gabungkan satu dengan yang lainnya menggunakan fasilitas group. Dengan menyatukan objek-objek tersebut kita seolah-olah sekarang mempunyai sebuah objek baru yang terdiri dari beberapa objek. Hal ini sering kali kita perlukan dalam bekerja di writer. Sebagai contoh ketika kita ingin membuat grafik kartesius, maka kita akan memasukkan beberapa objek garis ke lembar kerja. Jika kita tidak melakukan penggabungan terhadap grafik yang kita buat, maka ketika kita melakukan enter atau pengeditan dokumen, masing-masing objek penyusun grafik tadi bisa jadi akan berserakan. Hal ini tentu akan mengganggu pekerjaan kita. Agar objek penyusun grafik tersebut tidak berserakkan maka kita perlu melakukan penggabungan (grouping) terhadap semua objek penyusunnya. Untuk melakukannya ikuti langkah – langkah berikut ini.

  1. Blok semua objek yang ingin digabungkan
  2. Lakukan klik kanan pada objek yang sudah diblok tersebut sehingga muncul gambar berikut.menggabungkan_beberapa_objek
  3. Pilih grouping maka semua gambar akan menjadi satu kesatuan.
  4. Untuk memisahkannya kembali lakukan cara yang sama dengan langkah 2 kemudian pilih ungroup. Hasilnya gambar atau objek kembali terpisah

Menambahkan Teks Pada Shape

Objek shape yang kita masukkan ke lembar kerja writer juga dapat kita bubuhi teks di dalamnya. Dengan memberikan teks ini, kita dapat memperjelas atau memberikan keterangan terhadap shape tersebut. Untuk menambahkan teks ke dalam shape dapat diikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik kanan objek shape yang ingin diberi teks
  2. Pilih add text
  3. Masukkan text yang diinginkan
  4. Lakukan klik di luar shape, maka sekarang objek shape sudah mempunyai teks di dalamnya.
Print Friendly, PDF & Email
Hari

Written by 

admin "Ilmu Itu Tak Ada Yang Tak Bermanfaat"

Leave a Reply

Your email address will not be published.