Cara Menambahkan Nomor Halaman atau Page Number

Dalam banyak hal kita memerlukan adanya nomor halaman atau page number dalam lembar kerja kita. Apalagi kalau lembar kerja kita terdiri dari banyak halaman dan harus dituliskan dalam bentuk daftar isi. Penulisan karya ilmiah seperti skripsi dan tugas akhir merupakan salah satu contoh dokumen yang membutuhkan penomoran pada halaman – halamannya. Sampai saat ini kingsoft office writer dan microsoft word sudah menyediakan banyak varian dalam penomoran halaman. Tentu saja jenis yang harus kita gunakan harus disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut ini  merupakan langkah – langkah yang dapat dilakukan dalam membuat penomoran halaman dokumen writer dan word.

  1. Klik menu insert
  2. Klik page number seperti pada gambar berikut.cara_memberi_nomor_halaman
  3. Tentukan atau pilih jenis penomoran halaman yang diinginkan. Misalkan dalam contoh ini kita akan menggunakan penomoran halaman pada bagian tengah bawah. Maka akan muncul gambar berikut.
  4. Atur bentuk penomoran yang akan diberikan misalnya berupa angka, angka romawi atau abjad serta jenis nomor yang lainnya.
  5. Setelah selesai klik ok maka nomor halaman secara otomatis akan muncul di dokumen atau lembar kerja kita.
  6. Untuk melakukan penghapusan nomor halaman dapat kita ulangi langkah – langkah di atas kemudian pada langkah ketiga kita pilih no page number.

Sebagai perbandingan dapat kita lihat juga cara membuat nomor halaman pada microsoft word 2007 seperti berikut.

  1. Klik atau pilih menu insert
  2. Pilih page number sehingga muncul tampilan seperti pada gambar 1.memberi_nomor_halaman
  3. Pilih salah satu varian atau jenis penomoran yang ada. Misalkan dalam contoh ini kita ingin memberikan nomor halaman pada bagian tengah bawah, maka kita harus pilih bottom of page sehingga muncul seperti pada gambar 2 berikut.memberi_nomor_halaman_1
  4. Pilih plain number 2 sehingga muncul tampilan seperti pada  gambar 3.
  5. Jika kita ingin mengatur bentuk nomor halaman seperti angka atau abjad maka pada langkah ketiga kita pilih format page number sehingga akan muncul tampilan seperti gambar berikut.cara_memberi_nomor_halaman_page_number
  6. Selanjutnya kita bisa tentukan bentuk nomor halaman yang diinginkan pada kolom number format serta dari nomor berapa harus kita mulai pada kolom start at (misalkan dalam contoh ini dimulai dari halaman 10). Setelah itu baru kita pilih ok. Maka hasilnya adalah penomoran halaman akan dimulai dari angka 10 seperti berikut.
  7. Untuk menghapus nomor halaman kita dapat memilih remove page number pada langkah nomor tiga. Maka secara otomatis semua nomor halaman yang sudah kita buat akan hilang atau terhapus.
Print Friendly, PDF & Email
Hari

Written by 

admin "Ilmu Itu Tak Ada Yang Tak Bermanfaat"

Leave a Reply

Your email address will not be published.