Cara membuat projek baru dan cara membukanya

Setelah kita selesai menginstal aplikasi visual basic dan mengenal fungsi dari masing masing bagian yang ada pada program aplikasi tersebut, sekarang kita akan belajar membuat sebuah projek baru dan cara membuka dari projek tersebut. Berikut ini akan dijelaskan cara sederhana membuat sebuah projek baru di aplikasi pemrograman visual basic.

  1. Siapkan folder yang akan kita jadikan tempat penyimpanan project, kami sarankan untuk membuatnya di drive D atau E (bukan di drive C). Misalkan dalam contoh ini kita buatkan nama foldernya MI.
  2. Buka aplikasi visual basic (bisa melalui Star menu atau dari icon yang ada di layar)
  3. Akan muncul tampilan seperti yang terlihat pada gambar sebagai berikut ini.
  4. Pilih standar exe kemudian klik OK, sehingga muncul tampilan seperti gambar berikut
  5. Lakukan penyimpanan project. Biasanya penyimpanan form akan dilakukan terlebih dahulu.
  6. Beri nama form sesuai keinginan (dalam contoh ini kita buat formnya dengan nama “login”), kemudian simpan di folder yang telah kita siapkan tadi (yaitu pada drive “D” dengan nama folder “MI”)
  7. Kemudian Lakukan penyimpanan project. Beri nama sesuai keinginan (dalam contoh ini kita namakan projeknya dengan “perpustakaan”) dan simpan di folder yang telah disiapkan tadi (folder harus sama)
  8. Tutup project

BUKA PROJEK

Setelah selesai membuat projek, maka kita bisa menutup projek tersebut. Untuk membuka kembali projek yang sudah kita buat dapat kita lakukan cara berikut.

  1. Buka folder tempat penyimpanan project yang kita buat (dalam contoh di atas folder MI di drive D)
  2. Cari file aplikasi project yang sudah kita beri nama (dalam contoh tadi kita beri nama “perpustakaan”)
  3. Klik dua kali (double click) untuk membukanya atau lakukan klik kanan pada projek kemudian pilih open.
  4. Sehingga muncul project yang telah kita buat seperti tampilan pada gambar berikut ini

Pada gambar di atas terlihat di project explorer bahwa projek kita namanya “perpustakaan” yang terdiri dari 1 form yaitu form login. Untuk menambahkan form yang lainnya dapat kita lakukan seperti cara-cara yang sudah kita bahas dalam pertemuan sebelumnya tentang tampilan dasar vb dan fungsinya. Demikia cara membuat dan membuka projek pada aplikasi pemrograman visual basic semoga ada manfaatnya. Video tutorialnya dapat Anda lihat di bawah ini.

Print Friendly, PDF & Email
Hari

Written by 

admin "Ilmu Itu Tak Ada Yang Tak Bermanfaat"

Leave a Reply

Your email address will not be published.