Cara Melakukan Pembelahan sel (Split Cells) dan Pembelahan Tabel (Split Table)

Sel-sel yang ada pada tabel dapat kita belah atau pecah menjadi beberapa bagian. Tindakan ini bisa kita gunakan ketika kita butuh beberapa sel tetapi kita tidak ingin menambahkan kolom pada tabel secara keseluruhan. Artinya pada split cell ini yang bertambah hanya banyaknya sel dalam tabel tetapi jumlah kolom dan baris pada tabel tidak bertambah. Selain dapat melakukan pembelahan pada sel (split cells) kita juga dapat melakukan pembelahan pada tabel. Pembelahan pada tabel adakalanya sangat diperlukan dan bahkan bisa menjadi sebuah keharusan. Sebagai contoh, ketika kita membuat tabel yang panjang (apalagi melebihi panjang halaman) dalam sebuah dokumen seperti skripsi dan lain-lain, jika tabel ini tidak kita pecah maka akan menyulitkan kita dalam melakukan pengaturan atau pengeditan. Untuk kasus seperti tadi lebih baik kita gunakan tindakan pemecah tabel (split table) ini. Berikut ini akan dijelaskan tentang cara-cara melakukan split cells dan split table.

Memecah Sel (Split Cells)

Seperti sudah dijelaskan di atas bahwa, sel yang ada pada tabel dapat kita split atau belah menjadi beberapa bagian (kolom dan baris). Untuk melakukan pembelahan pada sel (split cell ) ini dapat dilakukan langkah-langkah berikut ini.

  1. Lakukan klik kanan pada sel yang ingin dibelah (split)
  2. Pilih atau lakukan klik pada split cell, maka akan muncul kotak dialog split cells seperti pada gambar berikut.cara_memecah_sel
  3. Atur jumlah baris dan kolom yang diinginkan (tindakan ini hanya akan membagi sel menjadi beberapa bagian bukan menambah kolom atau baris pada tabel).
  4. Pilih ok

Pada contoh di atas jika kita klik ok, maka sel akan terbelah atau terbagi menjadi dua. Jika kita mengubah angka number of rows menjadi dua, maka setelah kita klik ok sel akan terbelah menjadi empat sel. Akan tetapi jumlah kolom dan baris pada tabel tidak bertambah.

Memecah Tabel (Split Table)

Selain dapat melakukan pembelahan sel (split cell) kita juga dapat melakukan pembelahan tabel (split table). Tindakan memecah tabel ini diperlukan jika tabel yang kita  miliki atau sampai ke halaman berikutnya. Sehingga jika kita tidak memecahnya akan menyulitkan kita dalam proses pengaturan dan pengeditan dokumen. Adapun cara melakukan pembelahan tabel (split table) tersebut sebagai berikut.

  1. Lakukan klik pada baris sel yang akan dibelah (split table)
  2. Pilih menu table tools sehingga muncul tampilan seperti pada gambar berikut ini.cara_melakukan_split_table
  3. Pilih split table, maka tabel yang kita buat akan terbelah atau terbagi menjadi dua bagian seperti terlihat pada gambar berikut.cara_melakukan_split_table_1

Demikan cara yang dapat kita lakukan dalam melakukan pembelahan terhadap sel dan tabel semoga dengan mengetahui cara ini dapat mempermudah kita dalam melakukan pekerjaan atau ketika kita bekerja dengan aplikasi writer.

Print Friendly, PDF & Email
Hari

Written by 

admin "Ilmu Itu Tak Ada Yang Tak Bermanfaat"

Leave a Reply

Your email address will not be published.